Tips menyampaikan Kritik tanpa melukai perasaan rekan kerja

Beda pendapat dengan rekan kerja merupakan hal yang lumrah, yang harus kita sadari adalah rekan kerja juga mempunyai peran penting di kantor

Berpikir Kritis

Tips menyampaikan Kritik – Kritik yang membangun juga diperlukan dalam dunia kerja. Demi mencapat tujuan Bersama. Kritis mempunyai manfaat salah satunya yaitu menjadi evaluasi kecil dalam pekerjaan, karena aka nada hal-hal yang kurang tepat dan perlu untuk segera diperbaiki.

Tips menyampaikan Kritik

Sering kali kita tidak sesuai dengan partner kerja kita karena dianggap kurang tepat. Untuk bisa bekerja sama dengan baik perlu rasanya memberikan kritis yang postif. Namun sering kali kita bingung cara untuk menyampaikan kritik yang tidak melukai perasaan rekan kerja kita. Akan tetapi jika didiamkan terus menerus bisa mempengaruhi suasana kantor dan komunikasi pun tidak akan semenyenangkan biasanya akibatnya bisa muncul rasa tidak suka kepada rekan kerja. Pastinya kamu ingin bekerja dengan rekan yang menyenangkan dan pekerjaan berjalan dengan semestinya, karena itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika memberikan kritikan kepada rekan kerja.

  1. Pahami permasalahnya berdasarkan fakta

Sebelum menyampaikan kritik, kami perlu memahami pokok akar dari permasalahannya tertebih dahulu. Jangan kamu cepat menyimpulkan mana yang benar dan salah tanpa fakta atau data yang jelas. Karena setiap orang mempunyai latar belakang masalah yang berbeda-beda. Terlusuri duru akar masalahnya. Cermati kinerja rekanmu dan jangan membawa penilaian secara subjektif

  1. Tidak hanya memberikan kritik, tapi juga solusinya

Memberikan kritis sebagainya dibarengi dengan solusi yang kira-kira tepat untuk keluar dari masalah. Jangan kamu seolah-oleh mengurui rekan kerja. Kritik yang baik perlu disampaikan dengan menawarkan suatu solusi.Kritik perlu dipahami sebagai umpan balik yang bermanfaat. Ada kekurangan yang perlu untuk diperbaiki dan solusinya bisa ditemukan Bersama.

  1. Sampaikan kritis di waktu yang tepat

Ada kalanya ketika kamu mendapatkan permasalahan dengan rekan kerjamu, kamu ingin segera untuk bicarakan. Namun halu perlu tahan dulu Tarik nafas sejenak dan melhat apakah situasinya sudah tepat untuk membicarakan hal itu. Carilah momentum yang tepat, bicarakan dengan orang yang tepat jangan menegur ketika banyak orang yang tidak berkepentingan.

  1. Atur Bahasa tubuh, emosi dan intonasi bicara

Kenali dulu karakter dari rekan kerja kamu. Ketika rekan kerja kami orangnya sensitive maka kamu perlu memperlakukan dia dengan intotasi yang lembut. Kamu juga perlu untuk mengkontrol emosi kami walaupun sebesar apapun kesalahannya, sampaikan kritik dengan tenang, kalua kamu terbawa emosi makan lawan bicaramu akan terpancing amarah juga sehingga bisa memancing permasalahan baru di kantor

  1. Berikan semangat membangun

Bagaimana pun kamu dan rekan kerjamu saling membutuhkan. Usahakan agar dia tersinggung bahkan patah semangat. Setelah menyampaikan kritis dan memberikan solusi kamu perlu memberikan semnagat baik secara verbal maupun non verbal.

Temukan tips-tips berikutnya hanya di LokerJogja.ID

X