Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja di Kantor

Rasa bosan saat bekerja di kantor bisa dihilangkan dengan beberapa langkah mudah yang bisa dicoba.

Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja

Halo kawan! Kali ini saya akan bagikan tips ini, yaitu tentang cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja di kantor. Seperti yang kita tahu ya sob, rutinitas kerja itu memang membosankan. Setiap hari kita harus berkutat dengan pekerjaan yang monoton sehingga tak jarang membuat kita merasa bosan. Termasuk kawan-kawan juga bukan?

Tentu, hal yang wajar kalau kawan-kawan semua ingin mencari cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja, terutama buat para karyawan yang sudah lama jadi pegawai di salah satu perusahaan atau kantor. Lalu, kira-kira apa sih tips terbaik sebagai langkah untuk menerapkan cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja itu?

Oke sobat, sebelum kita jauh mengulas tentang cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja, kenali dulu beberapa penyebabnya. Kenapa? Karena, kalau kita sudah tahu apa yang membuat kita bosan, tentu saja teman-teman akan lebih mudah menganalisis solusi untuk menghilangkan rasa suntuk tersebut. Nah, salah satu yang jadi penyebab bosan bekerja yaitu kondisi yang monoton.

Siapa yang tak bosan dengan rutinitas? Setiap hari kita selalu berhadapan dengan itu-itu saja. Wajar kalau bikin teman-teman suntuk. Kemudian, penyebab bosan kerja juga bisa dikarenakan lingkungan yang kurang nyaman, bisa dari rekan kerja atau kondisi kantor yang tak human friendly. Jika ini terjadi pada kita maka tak perlu waktu lama kita akan cepat merasa bosan.

Apalagi, dengan target pekerjaan yang begitu berat dan jadi beban secara terus menerus. Tentu saja hal tersebut menjadi penyebab yang harus kita carikan solusinya. Nah, sampai di sini, selanjutnya saya akan berbagi pengetahuan tentang cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja di kantor. Antara lain sebagai berikut :

Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja

  1. Atur Mindset Kamu pada Hal Positif Tentang Pekerjaan

Cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja yang pertama, sobat bisa mengatur mindset tentang pekerjaan yang kawan geluti. Bukan tanpa alasan, setiap orang yang bekerja tentu alasan utamanya adalah untuk mendapatkan pemasukan. Ini bukan hal yang salah, hanya saja kalau mindset sobat adalah “bekerja untuk mendapat uang” maka hal tersebut akan membuat kawan-kawan justru merasa capek. Atur saja pola pikir teman-teman dengan menganggap bahwa “bekerja bersama hati” atau “berkarya bersama hati”. Memang, sulit sih. Tapi, hal itu patut dicoba sebagai langkah efektif untuk menghilangkan rasa bosan dan mengubah pikiran Anda bahwa bekerja itu tak hanya sekedar mencari uang/materi semata.

  1. Bawa Headset, Dengarkan Musik Favorit

Untuk cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja selanjutnya, sobat bisa mencoba dengan mendengarkan musik favorit. Tapi, diusahakan musik dengan aransemen yang bersemangat. Hindari musik yang galau, alay atau kisah sedih. Justru itu akan membuat kawan-kawan “baper” sehingga malah tak bisa fokus kerja.

  1. Ngobrol Bersama Rekan Kerja

Selain itu, sobat juga bisa mengajak rekan kerja untuk ngobrol-ngobrol. Cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja yang satu ini cukup ampuh. Apalagi, lawan bicara kita ikut nyambung dengan topik yang ingin sobat bicarakan. Tentu saja, lakukan tips ini untuk menekan rasa suntuk saat bekerja. Tapi, jangan terlalu keseringan ya, tetap ingat waktu dan target dari job list yang ditentukan si bos/perusahaan.

  1. Ngemil dan Ngopi

Atau salah satu cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja juga bisa sobat lakukan dengan membawa camilan. Hal ini juga cukup efektif untuk mengusir rasa kantuk atau perasaan bosan. Bisa juga dengan minum kopi mengingat kafein yang terkandung dalam kopi bisa membuat kita lebih fresh dan tak mengantuk. Atau, buat kalian para pria yang merokok, ambil waktu 5 menit untuk merokok sebagai langkah menghilangkan penat. Tapi tunggu dulu. Perlu diketahui bahwa langkah ini hanya diperuntukkan untuk perusahaan atau tempat kawan bekerja mengijinkan membawa camilan/ngopi/merokok.

  1. Ingat Alasan Utama Bekerja

Salah satu cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja bisa dengan mengingat alasan utama kenapa Anda bekerja. Misalnya, sobat yang baru menikah, berpikirlah bahwa sobat bekerja untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan keluarga kecil Anda. Selain itu, bisa juga bekerja untuk membahagiakan orang tua atau membantu ekonomi keluarga.

Oke kawan! Itulah tadi beberapa langkah atau cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja di kantor. Namun, saya yakin masih banyak lagi tips lain yang lebih efektif dan lebih cocok buat kawan-kawan. Yang jelas bahwa 5 tips di atas tak salah untuk dicoba. Nah, kiranya sampai di sini dulu cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja. Semoga bisa menjadi tips yang bermanfaat. Selamat berkarya dan sukses selalu.

Buat kawan-kawan semua yang ingin tahu lebih banyak apa saja loker di Jogja, simak saja di LokerJogja.id.

X