Cara Menjadi Manajer Hotel yang Baik

Menjadi seorang manajer hotel dibutuhkan keahlian, kemampuan dalam berkomunikasi, serta pengalaman. Bagaimana cara mendapatkan itu semua? Dalam LokerJogja.id ini akan dijelaskan secara rinci terkait cara menjadi manajer hotel yang baik.

Cara Menjadi Manajer Hotel

Apakah Anda seorang yang ingin tahu bagaimana cara menjadi manajer hotel yang baik? Tentu artikel LokerJogja.id adalah jawabannya. Sebab, kali ini akan dibahas bagaimana tips menjadi seorang manajer hotel, apalagi buat kawan-kawan yang baru saja menjabat sebagai seorang manajer di sebuah hotel. Dimana, sangat dibutuhkan dedikasi, pola pikir, dan sikap manajerial yang tak hanya sekedar teori namun mampu mempraktekkannya.

Selain itu, cara menjadi manajer hotel yang baik bakal memicu Anda untuk terus belajar dan menari tahu tentang pola maupun tugas manajer guna mengembangkan market atau pasar agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Lalu, kira-kira bagaimana sih cara menjadi manajer hotel yang baik itu?

Oke, jika berbicara mengenai cara menjadi manajer hotel yang baik, sudah barang tentu diperlukan sebuah keahlian dan pengalaman. Kenapa? Sebab, keduanya adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam soal manajerial sehingga berdampak pada berkembang tidaknya hotel yang Anda bawahi tersebut. Apalagi, jika Anda adalah seorang pemula yang baru saja menjabat sebagai manajer atau baru saja meresmikan hotel Anda.

Tentunya, mencari cara menjadi manajer hotel yang baik adalah satu langkah penting untuk mendapatkan ilmu terkait dengan kemampuan manajerial. Bukan tanpa alasan mengingat manajer adalah seorang pemegang kendali sebuah perusahaan hotel. Nah, di bawah ini, LokerJogja.id akan memberikan ulasan mengenai cara menjadi manajer hotel yang baik. Yuk kita simak bersama ulasannya!

Cara Menjadi Manajer Hotel

Salah satu hal utama dalam menerapkan cara menjadi manajer hotel yang baik yaitu harus mempersiapkan mental. Dimana, mental maupun pengalaman merupakan hal berharga yang akan melengkapi keahlian dalam memimpin sebuah hotel. Berikut langkah-langkah konkritnya:

  1. Belajar dari Ahlinya

Pertama, untuk menambah keahlian Anda alam hal manajerial perhotelan maka diperlukan seorang mentor. Dimana, dalam hal ini Anda bisa mengikuti pelatihan khusus yang membahas tentang penerapan manajerial di bidang perhotelan. Selain itu, tak perlu pelatihan pun juga bisa. Yaitu dengan cara bertanya kepada seseorang teman atau Googling terkait dengan bagaimana cara menjadi manajer hotel yang baik. Jadi, untuk memantapkan posisi Anda sebagai manajer, tentu sangat diperlukan keahlian dalam bidang perhotelan yang merangkup pengawasan maupun kontrol kinerja dari setiap staff.

  1. Selektif dalam Merekrut Karyawan

Ke dua, hal yang perlu dilakukan adalah selektif dalam mencari karyawan. Selektif di sini lebih kepada kemampuan Anda dalam merekrut karyawan yang mengedepankan pada sikap. Artinya, sikap dan pengalaman adalah indikator Anda untuk dijadikan patokan dalam mencari karyawan. Dimana, seorang karyawan dengan kemampuan komunikasi baik, memiliki pola pikir berkembang, dan mampu menganalisis serta memberikan solusi dari setiap problem adalah pilihan terbaik daripada harus mencari seorang karyawan dengan lulusan terbaik.

  1. Fokus pada Soal Kepemimpinan, Bukan hanya Tentang Manajemen

Cara menjadi manajer hotel yang baik adalah dengan menekankan pada aspek leadership (kepemimpinan). Dengan kata lain, Anda benar-benar dituntut untuk harus menjadi seorang pemimpin. Sehingga, dibutuhkan sikap proaktif tentang cara Anda mendekati pekerjaan Anda. Dengan kata lain, Ini artinya meski menjabat sebagai manajer, bukan kemampuan manajemennya namun lebih kepada cara Anda memimpin sebuah hotel. Mau dibawa ke mana, melalui langkah yang bagaimana, dan apa tujuannya. Itulah konsep kepemimpinan yang harus dipahami seorang manajer.

  1. Komunikasi adalah “Senjata” Ampuh

Tak hanya soal kepemimpinan namun komunikasi adalah hal yang sangat penting diketahui seorang manajer. Malu ambil sikap, malu berbicara, gugup dalam berbicara adalah hambatan yang harus dihilangkan jika Anda menjadi seorang manajer. Tak peduli Anda adalah introvert 9suka menyendiri) atau ekstrovert (suka bergaul). Yang jelas, kemampuan kepemimpinan ditentukan dengan bagaimana cara Anda berkomunikasi kepada staff.

  1. Terus Belajar dan Ambil Pengalaman Orang Lain

Terakhir, salah satu cara menjadi manajer hotel yang baik adalah dengan terus belajar dengan menambah pengalaman, bukan soal teori saja. Sebab, teori tak selalu sama dengan fakta sehingga dibutuhkan sebuah pengalaman sebagai guru dalam membimbing Anda sebagai manajer hotel. Selain itu, komunikasi adalah bentuk implementasi dari akal sehat. Artinya, kemampuan dalam berkomunikasi harus terus diasah karena menentukan jalan pikiran Anda dalam memberikan pola manajerial yang sesuai dengan keinginan Anda maupun karyawan Anda.

Melihat kelima tips di atas, tampaknya salah satu aspek paling penting cara menjadi manajer hotel yang baik adalah komunikasi dan pengalaman. Pasalnya, dengan membangun komunikasi yang baik antara manajer dan staff maka akan terbentuk sebuah pola kinerja yang lebih tertata dan sesuai dengan SOP yang dibuat. Tak hanya itu saja, pengalaman adalah kunci. Sebab, setinggi apapun pendidikan yang Anda jalani, akan kalah dengan seorang yang berpengalaman. Karena, bangku akademik yang lekat dengan akal pikiran berbeda dengan keadaan lapangan yang seseungguhnya. Maka, dibutuhkan sebuah pengalaman untuk menerapkannya, termasuk seorang manajer hotel. Nah, semoga bekal cara menjadi manajer hotel yang baik di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Sekian dan salah sukses.

Untuk informasi mengenai loker hotel Jogja, simak saja di LokerJogja.id

X
X
X