Tips Kerja Efisien untuk Seorang Marketing

Efisiensi dalam menerapkan konsep pemasaran di lapangan diperlukan beberapa langkah konkrit yang mudah agar mampu mempengaruhi konsumen. Kali ini, LokerJogja.id akan membahasnya secara mendalam dalam bentuk strategi simple dalam soal marketing, baik memasarkan produk maupun jasa yang dalam hal ini kemampuan yang mampu menjual diri ketika mencari lowongan kerja.

Kerja Efisien Bagi Seorang Marketing

Tips kerja efisien bagi marketing merupakan salah satu hal yang harus dipahami oleh setiap marketer atau Anda yang bergelut di dunia pemasaran. Bukan tanpa alasan mengingat marketing di sini memiliki peranan sangat penting dalam memperkenalkan sesuatu hal bernilai kepada orang lain. Sehingga, sangat dibutuhkan beberapa langkah konkrit yang tak hanya sekedar teori semata. Namun, juga sebuah strategi terapan yang bisa diimplementasikan.

Di sisi lain, terkait dengan tips kerja efisien bagi seorang marketing, tentunya juga tak hanya berkutat pada penjualan produk, baik berupa barang saja. Melainkan termasuk jasa. Nah, dalam kaitannya dengan mencari pekerjaan, Anda yang tengah mencari lowongan kerja juga perlu memahami arti efisiensi dalam memasarkan kemampuan Anda kepada perusahaan yang akan Anda lamar. So, tips kerja efisien untuk seorang marketing di sini berarti luas yang bisa diterapkan demi menarik perhatian obyek yang dituju

Oke, berkenaan dengan beberapa tips kerja efisien bagi seorang marketing, berikut LokerJogja.id akan memberikan beberapa strategi khusus yang mudah diterapkan dalam bidang apa saja. Baik soal memasarkan produk/jasa bahkan memasarkan kemampuan diri kepada perusahaan saat melamar kerja. Apa saja itu, simak saja ulasannya berikut ini.

Kerja Efisien bagi Seorang Marketing

Ada beberapa cara untuk menerapkan bagaimana kerja efisien bagi seorang marketing agar mampu mempengaruhi konsumen/perusahaan (saat melamar kerja). Antara lain sebagai berikut :

  1. Gaya Komunikasi yang Human Friendly

Pertama, tips kerja efisien bagi seorang marketing adalah menerapkan gaya komunikasi yang human friendly. Artinya, Anda harus bisa menguasai komunikasi yang lebih “memanusiakan” lawan bicara. Dengan kata lain, harus lebih memahami keinginan konsumen/pewawancara saat melamar kerja. Sehingga, dengan begitu maka akan lebih mudah dalam menguasai topik pembicaraan untuk Anda arahkan.

  1. Olah Vokal Apa Adanya, Tidak Dibuat-Buat

Logat dalam berbicara atau berkomunikasi agaknya juga menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh. Memang, logat saat berbicara mencerminkan budaya komunikasi. Namun, ada baiknya Anda untuk melatih vokal bicara tanpa dibuat-dibuat sehingga saat berbicara bersama pelanggan atau si pewawancara maka akan terdengar memiliki nada yang enak dan nyaman. Meski tak teralu banyak berpengaruh namun dipastikan akan memberikan kesan profesional. Tapi ingat, jangan dibuat-buat.

  1. Pahami Apa yang Menjadi Daya Tarik Anda

Selain itu, mengenal kemampuan diri adalah salah satu tips kerja efisien bagi seorang marketing atau yang ingin melamar di sebuah perusahaan di bagian pemasaran. Bukan tanpa sebab mengingat selain komunikasi dan gaya bahasa/bicara, tentu saja Anda harus tau apa saja kemampuan yang bisa menjual. Caranya bisa dengan membuat pertanyaan tentang apa hobi Anda, prestasi apa yang pernah diraih, apa kegiatan yang paling nyaman dilakukan, dan beberapa pertanyaan mendasar lain yang lebih mengedepankan penggalian bakat.

  1. Dengarkan dan Pahami Apa yang Dibicarakan Lawan Bicara

Di sisi lain, memahami pembicaraan lawan bicara pun juga menjadi salah satu tips kerja efisien bagi seorang marketing. Pasalnya, dengan kita memahami apa yang mereka bicarakan maka Anda bisa mengetahui pula akan ke arah mana topik yang dijadikan fokus. Sehingga, lawan bicara akan merasa “dimanusiakan”.

  1. Kontrol Emosional

Satu yang perlu dipahami bahwa dalam hal soal efisiensi kerja marketing, tentu baik itu seorang yang sedang cari pekerjaan atau pun yang sedang memasarkan produk harus mampu mengendalikan emosional. Sebab, jika sudah terbawa emosi maka akan membuat komunikasi, baik itu saat wawancara kerja maupun saat memasarkan produk akan menjadi kurang efektif. Jadi, tetap fokus pada topik dalam memasarkan kemampuan atau menjual produk.

Nah, dari sekian tips kerja efisien bagi seorang marketing di atas, maka satu hal yang patut untuk terus dilakukan yaitu mengasah kemampuan. Baik itu seorang yang sedang memasarkan keahlian dalam mencari pekerjaan. Atau seorang yang sudah bekerja sebagai marketing. Dua-duanya menggunakan konsep yang sama, yaitu memaksimalkan kemampuan komunikasi yang human-friendly dan mampu memahami keinginan konsumen/lawan bicara. Semoga, artikel mengenai tips kerja efisien bagi seorang marketing di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Untuk mengetahui informasi lowongan kerja di Jogja bisa ditelusuri di LokerJogja.id

Bagikan
Follow LokerJogja.ID Ikuti Kami