Cara Mengatur Waktu untuk Wanita Karir

Cara membagi waktu seorang karyawan, khususnya wanita karir diperlukan langkah simple dan konkrit. Semua akan dijelaskan dalam artikel ini.

Cara Mengatur Waktu Untuk Wantia Karir

Memang, membagi waktu yang tepat, terutama para karyawan menjadi salah satu tantangan tersendiri. Bahkan, wanita karir sekalipun. So, tak jarang banyak yang mencari cara mengatur waktu untuk wanita karir. Pasalnya, sebagai seorang wanita yang bekerja, tentu saja berbeda dengan pria mengingat mereka memiliki tanggungan yang lebih kompleks, apalagi bagi yang sudah berumah tangga dan punya anak. Sehingga, dibutuhkan langkah tepat untuk bisa menjalankan segala aktivitas bagi para wanita karir. So, kira-kira bagaimana sih cara mengatur waktu untuk wanita karir itu?

Berkaitan dengan cara mengatur waktu untuk wanita karir, sebenarnya bukan hal yang sulit namun juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, banyak dari para wanita yang bekerja di suatu perusahaan, mungkin untuk yang belum berkeluarga akan lebih praktis bagi mereka untuk mengatur waktu mereka. Tapi bagaimana yang sudah berkeluarga?

Pastinya, ada cara mengatur waktu untuk wanita karir, khususnya yang sudah berkeluarga agar semuanya bisa berjalan sesuai pada jalurnya. Maksudnya, bisa mengurus rumah tangga dengan baik tanpa mengurangi intensitas dalam bekerja. Nah, berikut beberapa cara mengatur waktu untuk wanita karir yang patut untuk diketahui bagi kaum hawa yang sudah berkeluarga, terlebih sudah memiliki anak kecil.

Cara Mengatur Waktu untuk Wanita Karir

Sebenarnya, dalam menerapkan cara mengatur waktu untuk wanita karir itu ada beberapa langkah sederhana yang tak terlalu sulit untuk dilakukan. Antara lain sebagai berikut :

  1. Membuat Jadwal Kegiatan

Banyak dari kita yang meremahkan tentang jadwal pribadi kita. Padahal, hal itu sangat penting untuk memaksimalkan waktu. Maka, membuat jadwal kegiatan merupakan salah satu cara mengatur waktu untuk wanita karir yang sangat efektif. Buatlah schedule yang efektif namun, jangan sampai Anda asal membuat jadwal kegiatan. Pastikan jadwal kegiatan yang dibuat agar realistis dan dapat dipenuhi sesuai kemampuan.

  1. Ajak Suami untuk Bersmusyawarah

Cara mengatur waktu untuk wanita karir, salah satunya dengan mengajak suami bermusyawarah. Komunikasi yang terjalin antara suami dan istri akan memberikan dampak positif yang sangat besar, terkhusus buat Anda yang merupakan seorang wanita karir. Mintalah pendapat pada suami Anda dan berikan juga pertimbangan Anda terkait pekerjaan, dijamin suami Anda akan lebih berpikir logis sekaligus memberikan saran terbaik untuk membantu Anda dalam membagi waktu. Tapi ingat, patuhi suami apapun keputusannya asalkan itu merupakan hal positif.

  1. Prioritaskan Tugas Ibu Rumah Tangga

Selain itu, cara mengatur waktu untuk wanita karir selanjutnya yaitu memberikan prioritas tinggi pada pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Karena hal itu merupakan suatu kewajiban seorang istri, apalagi menaati seorang suami. Sebab, bekerja adalah kewajiban seorang suami, bukan tanggungjawab istri. So, jika Anda diijinkan suami bekerja namun Anda harus lebih mengedepankan tugas sebagai ibu rumah tangga. Mengingat, anak-anak Anda butuh dididik.

  1. Buatlah Prioritas Pekerjaan dan Target

Di sisi lain, dengan membuat prioritas pekerjaan dan target tentu menjadi salah satu strategi jitu dalam menerapkan cara mengatur waktu untuk wanita karir. Bukan tanpa alasan, dengan target yang Anda bidik dalam pekerjaan, tentu akan lebih memudahkan Anda agar bisa fokus untuk mengerjakan pekerjaan lain. Selain itu, fungsi target di sini juga sangat mendorong terjadinya keseimbangan antara pekerjaan dengan tugas sebagai ibu rumah tangga.

  1. Lakukan Rutinitas Bangun Pagi dan Tidur Teratur

Sebenarnya, selain beberapa hal tersebut di atas, cara mengatur waktu untuk wanita karir yang cukup efektif yaitu dengan menerapkan pola aktivitas teratur. Bisa dimulai dari bangun pagi shubuh dan tidur teratur mulai jam 9 malam atau paling lambat jam 10. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda. Sebab, kondisi kesehatan yang kurang fit akan memicu “bad mood” yang bisa membuat segala aktivitas kacak balau. So, sangat penting untuk selalu rutin bangun pagi di setiap shubuh dan tidur tidak larut malam.

Bagaimana? Itulah beberapa langkah atau cara mengatur waktu untuk wanita karir yang terbilang sangat simple namun efektif. Sebab, dengan menerapkan beberapa langkah tersebut maka secara tak langsung Anda sebagai wanita karir, khususnya bagi yang sudah berkeluarga pasti bisa membagi waktu secara maksimal. Tak hanya itu, dengan rutin mengerjakan sesuatu sesuai jadwal dan menjaga kesehatan maka secara otomatis akan memicu Anda untuk terus semangat dalam melakukan rutinitas sebagai wanita karir yang profesional di kantor namun keibuan ketika di rumah. Demikian cara mengatur waktu untuk wanita karir. Semoga bisa memberikan manfaat.

Buat teman-teman yang ingin info seputar lowongan kerja di Jogja, simak beberapa list yang tersaji di LokerJogja.id.

X
X
X