Cara Jitu Untuk Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja
Jenuh adalah hal yang lumrah dirasakan dalam menjalankan rutinitas, yang perlu kamu perhatikan adalah solusi untuk mengatasi kejenuhan
Cara Jitu untuk Menghilangkan Jenuh – Dalam menjalankan rutinitas akan ada masanya mengalami kejenuhan atau kebosanan. Tidak bisa dipungkiri dalam menjalankan pekerjaan yang sama setiap harinya. Apalagi dengan pekerjaan-pekerjaan yang udah menumpuk, terikat deadline hingga menyebabkan tidak ada waktu bersantai.
Cara jitu untuk menghilangkan kejenuhan dalam bekerja
Tidak semua kejenuhan yang ada dalam dunia kerja mendapatkan solusi dengan resign loh. Sebenarnya rasa jenuh itu bisa kita atasi dengan mudah kok. Ada beberapa tips yang bisa menghilangkan kejenuhan dalam bekerja antara lain:
- Luangkan waktu untuk rehat sejenak
Kamu terlalu focus dalam menyelesaikan pekerjaan sampai kamu lupa waktu itu merupakan hal yang kurang tepat. Selama kamu bekerja luangkan waktu untuk mengistirahatkan otakmu, jangan sering memaksa otak dan tubuhmu untuk terus bekerja bahkan di saat pikiran mu sudah jenuh. Bisa mengaktibatkan produktivitasmu menurun.
- Mencari tahu penyebab kejenuhan
Saat jenuh sudah mulai muncul saat bekerja. Hentikan semua kegiatan yang sedang kamu lakukan. Nah coba untuk mencari tahu sebab dari kejenuhaanmu, apakah itu berasal dari banyaknya pekerjaan dihari itu, banyaknya deadline yan belum kamu kerjakan bahkan permasalahan diluar kantor yang kamu bawa kepekerjaanmu. Dengan kamu mengetahui penyebabnya paling tidak kamu bisa mencari solusi dengan mudah.
- Ciptakan suasana baru
Buatlah aktivitas baru dan membuat kamu senang. Misalnya kamu sudah mendengarkan music cobalah bekerja dengan mendengarkan music favoritmu. Bisa juga melakukan perubahan pada ruangan mu. Tambahkan dekorasi yang menarik atau bisa juga kamu mengatur ulang tata letak ruangan kamu agar lebih fresh. Kamu bisa tambahkan benda-benda yang gunanya untuk mempercantik meja kerjamu namun tidak menganggu pekerjaanmu. Hal itu tergantung dengan seleramu, pada intinya membuat ruanganmu senyaman mungkin yang bisa membuat kamu happy.
- Cobalah untuk berfikir positif
Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yaitu dengan jangan membiarkan pikiran negative kami terus berkembang bebas. Cobalah untuk berfikir lebih positif. Hadapi pekerjaan dengan pikiran tenang jangan menjadikan itu semua beban. Hal yang paling penting adalah tak lupa untuk mengucapkan syukur atas apapun yang kamu punya saat ini dan berterima kasih pada diri sendiri sudah mau berkompromi selama kamu bekerja selama ini. 2 hal tersebut sering kita lupakan namun sebenarnya memberikan manfaat yang luar biasa di hari-hari kita.
- Manfaatkan weekendmu dengan baik
Lembur boleh tapi jangan sampai kamu menggunakan weekend mu untuk tetap bekerja. Gunakan weekend kamu sebagai kesempatan untuk bersantai, melupakan sejenak pekerjaanmu. Kadang kamu butuh untuk berlibur
- Ingat tujuan dan rencana masa depan
Jika semua sudah kamu lakukan tapi belum berhasil juga. Kamu perlu mengingat tujuan awal kamu bekerja untuk apa dan bagaimana rencana masa depanmu yang belum terealisasikan. Dengan begitu akan memotivasi kamu untuk kembali bekerja dan bersemangat.
- Nikmati harimu
Jika kamu menjalankan pekerjaan tanpa didasari dengan rasa ikhlas maka hari – hari yang akan kamu lewati akan terasa lebih berat. Kamu menjadikan pekerjaanmu sebagai beban yang harus kamu tanggung tentunya jika dilakukan terus menerus akan menimbulkan perasaan yang tidak baik. Mulailah bekerja dengan ikhlas dan coba lah untuk menikmati semua yang kamu lakukan.
Kunci utama dalam menghilangkan kejenuhan dalam bekerja adalah dengan luangkan waktumu untuk mengistirahatkan otak dan badanmu. Jangan paksakan pikiran kamu yang sudah jenuh.
Cari informasi lowongan kerja di LokerJogja.ID