Yuk, Bangun Teamwork yang Solid !

Setiap perusahaan harus mempunyai teamwork yang solid untuk mencapai kesusksesan.

Membangun Teamwork Yang Solid

Yuk, Bangun Teamwork yang Solid – Di dalam perusahaan ada tipe pekerjaan yang bisa dikerjaan secara individu atau secara team. Bekerja secara bersama-sama dengan team membutuhkan partner kerja team yang solid. Teamwork bukan sekedar bekerja sama dengan tim tetapi bagaimana orang didalamnya bisa bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan bersama, bukan tujuan pribadi. Karena perusahaan merupakan bagian dari organisasi, oleh sebab itu teamwork yang solid sangat dibutuhkan di lingkungan kerja.

Tips membangun teamwork yang solid

Perusahaan berusaha untuk mempunyai karyawan yang bisa bekerja tim dengan baik, karena perusahaan memiliki keinginan untuk mengembangkan perusahaannya. Dengan adanya teamwork yang baik akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi. Namun, membangun hubungan yang selalu baik antar karyawan tidak dapat dilakukan dengan waktu yang singkat. Perlu kesadaran baik perusahaan maupun antar karyawan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai yang diharapkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu berikut ini cara untuk membangun teamwork agar solid, antaranya :

  1. Memiliki tujuan yang jelas

Sebuah organisasi yang dibangun harus memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini berfungsi sebagai kontrol bagi setiap anggotanya dan untuk mengetahui langkah yang harus ditempuh untuk bisa mencapai tujuan bersama. Tujuan ini harus disepakati dan ketahui oleh para anggotanya.

  1. Memiliki leader

Mempunyai leader dalam semua team adalah hal yang penting. Leader ini biasanya memiliki tugas untuk mengkoordinasi pembagian tugas atau pekerjaan. Gunanya agar pekerjaan dapat diselesaikan secara tepat waktu. Selain itu leader juga mampu memotivasi team untuk menunjukan performa kerja yang baik.

  1. Memahami karakter

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda -beda. Membangun teamwork yang solid perlu memahami karakter dari team tersebut. Tidak hanya leader saja yang perlu memahami karakter tetapi semua anggotanya. Tujuan utama memahami karakter adalah tahu bagaiamana sikap yang paling tepat untuk melakukan komunikasi atau membagian tugas.

  1. Bangun kepercayaan

Hal yang wajib dibangun untuk menciptakan team yang solid adalah kepercayaan, karena pekerjaan tidak diselesaikan secara individu dan saling berkaitan antar anggotanya.

  1. Komunikasi

Komunikasi memberikan pengaruh pada kesolidan sebuah team dan kesuksesan perusahaan. Memiliki komunikasi yang baik akan mempermudah dalam berkoordinasi, bekerjasama dan bertukar informasi.

  1. Komitmen

Komitmen adalah tanggung jawab yang harus dilakukan oleh tim. Komitmen dari team yang dibangun adalah memberikan kinerja terbaik dan loyal terhadap tim maupun perusahaan. Dengan begitu, mereka tidak segan untuk memaksimalkan seluruh pikiran, tenaga, perhatian dan waktu untuk bisa mencapai tujuan bersama.

  1. Saling memberikan penghargaan

Penghargaan perlu diberikan bagi anggota yang memiliki prestasi. Dengan memberikan penghargaan bisa memotivasi semangat para anggora lain untuk berlomba-lomba menunjukan prestasinya.

  1. Lakukan evaluasi

Melakukan evaluasi rutin atau berkala untuk bisa memperbaiki kegagalan atau kesalahan yang dilakukan. Bisa evaluasi berkala untuk tim agar menjadi tim yang semakin solid atau evaluasi untuk pekerjaan yang telah diselesaikan. Dengan adanya evaluasi secara berkala bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi sebelumnya.

Dalam perusahaan mempunyai teamwork yang solid adalah hal yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bisa memudahkan dalam mesukseskan perusahaan.

Bergabung dengan teamwork diperusahaan impianmu dan dapatkan info lokernya di LokerJogja.ID

X