Tips Mengasah Komunikasi agar Bisa Hadapi Wawancara Kerja
Cara jitu yang perlu kamu pelajari untuk pertajam komunikasimu agar siap ketika wawancara kerja
Tips Asah Komunikasi – Biasanya, para pelamar kerja akan mengalami kegagalan atau tidak diterima kerja ketika memasuki tahap wawancara kerja.
Wajar saja mengingat banyak sekali yang terjebak oleh beberapa pertanyaan dari pewawancara yang tentu dijawab dengan jawaban yang kurang sesuai dengan kriteria perusahaan.
Tak hanya itu, kendala komunikasi verbal pun juga turut berpengaruh kepada kualitas si pelamar kerja ketika sedang melalui seleksi wawancara.
Bukan tanpa alasan, meski sudah dipersiapkan matang-matang materi apa yang hendak dihadapi saat wawancara namun bila komunikasinya kurang pas dan sesuai sangat dimungkinkan sekali akan membuat kamu gagal.
Nah, oleh sebab itu, ada beberapa trik yang harus kamu coba untuk pertajam cara komunikasi kamu saat menghadapi tes wawancara kerja.
Dimana, tips ini perlu dilatih secara kontinyu atau berkesinambungan selagi kamu mendapat panggilan wawancara kerja. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak bersama tips jitunya.
Tips Kembangkan Komunikasi untuk Wawancara Kerja
Dalam prakteknya memang ada beberapa langkah atau tahapan tertentu yang perlu kamu persiapkan untuk menjawab segala pertanyaan yang terlontar oleh si pewawancara ketika memasuki seleksi wawancara kerja. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.
1 . Latih Berbicara dengan Cermin
Pertama, untuk mempermudah kamu dalam melatih skill komunikasi kamu, hendaknya lakukan latihan berbicara di depan cermin.
Lihat dan cermati bagaimana kamu berbicara. Jika kamu merasa kurang percaya diri maka tingkatkan rasa percaya diri.
Caranya, dengan menunjukkan nada bicara tegas namun lembut. Sehingga, akan terasa enak didengar. Jangan sepelekan, hal ini bisa mempengaruhi pewawancara untuk mempertimbangkan menerima kamu masuk kerja.
Selain itu, coba tes suara dan nada bicara kamu sambil sedikit tersenyum. Sikap seperti ini menunjukkan bahwa kamu pribadi yang tegas namun kalem dan selalu optimis. Hal itu yang akan dilihat oleh si pewawancara yang bisa menarik mereka untuk merasa penasaran akan kemampuan kamu.
2. Bicara dengan Kecepatan Sedang
Selain itu, latihan teknis dalam berkomunikasi agar memberikan kesan menari bagi pewawancara kerja adalah dengan mencoba untuk berbicara dengan kecepatan sedang.
Perlu untuk kamu ketahui bahwa berbicara dengan nada cepat menunjukkan bahwa kamu sedang cemas. Dan perlu diingat bahwa pewawancara sudah barang tentu tahu akan hal ini.
Selain itu, kamu juga perlu melatih kejelasan dari tiap kata yang diucapkan. Hindari mengucapkan kata atau kalimat yang kurang jelas karena ini bisa mengesankan bahwa ada keraguan dalam diri kamu sebagai calon karyawan di tempat kerja mereka.
3. Hidupkan Suara dengan Teknis Periodik
Hindari suara yang monoton dan gunakan suara yang dinamis. Nada suara harus naik dan turun secara periodik. Penyiar radio adalah contoh yang bagus untuk urusan ini
Hal ini tidak bisa kamu sepelekan karena jika diabaikan begitu saja maka sangat dimungkinkan kamu akan gugup saat menghadapi tahapan wawancara.
Apalagi, jika sikap seperti ini kamu lakukan berkali-kali dalam sesi wawacara maka akan mengesankan bila kamu mengalami masalah dengan komunikasi.
Ketiga langkah atau tips di atas merupakan cara secara teknis yang bisa kamu lakukan untuk melatih kemampuanmu dalam berkomunikasi. Sehingga, paling tidak akan membantumu lebih bisa mengikuti alur wawancara kerja.
Selain itu, satu hal yang penting adalah selalu latih cara bicara kamu dengan nada yang periodik serta jelas pengucapan kata-katanya. Hal ini bertujuan agar pewawancara lebih mudah memahami jawaban kamu saat sedang dalam proses wawancara kerja.
Informasi lebih lanjut mengenai loker Jogja, kamu bisa cek di LokerJogja.id