Mau Kerja di BUMN? Simak Tips Jitu Berikut!

Agar bisa diterima kerja di BUMN, perlu sebuah strategi sederhana namun jitu. Artikel ini akan membahasnya secara mendetail.

Tips Agar Diterima Kerja Di BUMN

Tentu, mayoritas orang, khususnya para pencari kerja sudah tahu bahwa Badan Usaha Miliki Negara atau BUMN memiliki daya tarik tersendiri bagi para job seeker. Bahkan, lowongan kerja di BUMN juga termasuk lowongan yang peminatnya sangat besar selain TNI/POLRI/PNS. Sehingga, tak jarang beberapa orang pun mencari tahu cara atau tips jitu untuk bersama agar bisa diterima kerja di perusahaan BUMN.

Wajar saja, tawaran jenjang karier yang jelas, jaminan hari tua, asuransi, dan tunjangan menjadi beberapa keuntungan yang dijamin bakal diberikan kepada si karyawan ketika bekerja di perusahaan milik negara ini. Tentu saja, untuk menggapai hal tersebut bukan hal yang mudah dan butuh tips agar diterima kerja di BUMN.

Bukan tanpa alasan mengingat akan ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilewati. Jika tidak mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka sangat dimungkinkan sekali jika nantinya akan dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke seleksi selanjutnya. Namun, jangan khawatir. Di bawah ini kita akan uraikan tips agar diterima kerja di BUMN.

Tips Agar Diterima Kerja di BUMN

Untuk bisa melewati dan lulus uji8 masuk BUMN, memang ada beberapa langkah efektif yang sangat sederhana tapi bisa dijadikan pedoman agar diterima di perusahaan BUMN.

  1. Cek Dokumen dan Selalu Up to Date

Dalam tahapan ini, Anda harus memenuhi segala dokumen yang menjadi persyaratan. Mulai dari IPK minimal, jurusan yang sesuai, dan berbagai hal lainnya. Kunci untuk sukses menjalani tahapan ini adalag stay update tentang pengumuman yang ada pada website resmi BUMN tersebut via online. Pasalnya, untuk saat ini BUMN sering kali membuka lowongan pekerjaan secara online. Hanya saja, yang harus diperhatikan bahwa pembukaan lowongan BUMN itu untuk pendaftaran tak akan meminta sejumlah uang.

  1. Buat CV Serapi Mungkin dan Mudah Dipahami

Sebagai salah satu tahapan pra-tes, CV adalah bagian penting yang akan memberikan kesan kepada BUMN yang Anda lamar. Maka dari itu, buatlan CV sebaik mungkin. Maksudnya, lebih kepada pemberian informasi mengenai diri Anda secara jelas dan mudah dipahami. So, tampilan CV juga sangat mempengaruhi penilaian penyeleksi meski tak terlalu berefek pada lulus atau tidaknya Anda. Walau demikian, satu point yang penting adalah pembuatan CV harus didasarkan atas informasi pribadi secara detil, jenjang pendidikan, dan pengalaman kerja/organisasi yang berkaitan dengan bidang kerja yang Anda lamar.

  1. Jangan Terlalu Berharap untuk Lolos Seleksi Adminsitrasi

Loh? Kok bisa? Ya jelas bisa. Justru jangan terlalu berharap dulu. Karena, jika terlalu berharap maka akan memberikan dampak yang kurang baik bagi psikologis Anda, terutama yang baru fresh graduate. Sebab, realistis saja, umumnya perusahaan BUMN akan lebih memprioritaskan orang yang punya pengalaman kerja. Sehingga, tampaknya akan sulit bagi para fresh graduate yang baru saja lulus dari bangku pendidikan. Jadi, fokus pada CV yang baik dengan menyertakan beberapa informasi yang tepat dan jelas.

  1. Cari Informasi Mengenai Profil Perusahaan

Selain itu, salah satu tips agar diterima kerja di BUMN, perlu untuk mencari informasi secara mendetail terkait dengan profil perusahaan. Ini sangat penting dilakukan untuk menghadapi saat memasuki tahapan wawancara. Sebab, pengetahuan kita terkait profil perusahaan akan mengisyaratkan bahwa Anda punya antusiasme tinggi untuk bekerja di perusahaan tersebut. So, tak heran jika pengenalan secara dini mengenai profil perusahaan yang Anda lamar adalah salah satu hal yang harus dipahami agar bisa diterima kerja di BUMN.

  1. Magang

Nah, jika Anda seorang fresh graduate yang ingin bekerja di BUMN, sangat disarankan untuk magang terlebih dahulu. Hal ini bakal sangat membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman dari kerja magang. Pasalnya, saat ini hampir setiap perusahaan BUMN memberikan kriteria berpengalaman pada setiap lowongan yang dibuka. Jadi, sebelum kita melamar kerja, sebaiknya magang dulu saja. Meski perlu waktu namun hal ini sangat efektif dalam membangun citra kepada perusahaan BUMN yang akan Anda lamar kelak.

Dari sekian tips agar diterima kerja di BUMN yang telah disebutkan di atas, satu hal yang mendapat perhatian utama yaitu soal syarat kelengkapan administrasi yang dibuat dengan rapi dan pengalaman. Sehingga, jangan heran jika kini banyak perusahaan BUMN yang merekrut para karyawannya dari magang. Nah, itulah beberapa strategi atau tips agar diterima kerja di BUMN. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

Informasi mengenai lowongan kerja di Jogja, bisa dilihat di situs LokerJogja.id.

X
X
X