Jangan Tanyakan Ini Saat Interview Kerja

Sebelum melakukan sesi wawancara, kamu perlu untuk mempersiapkan dirimu dengan baik

Jangan Ajukan Pertanyaan Ini Saat Interview Kerja

Jangan Tanyakan Ini Saat Interview Kerja – Siapa sih yang tidak mau bekerja di perusahaan yang menjanjikan baik dari segi kesejahteraan, kesehatan dan selamatan kerja. Kita pasti ingin tahu apa saja yang akan kita dapatkan saat bekerja di suatu perusahaan. Hal pertama yang kita ingin tahu adalah gaji. Ya, karena gaji bisa menjadi salah satu pertimbangan kita untuk menerima atau tidak tawaran pekerjaan tersebut. Biasanya saat interview kamu akan disuguhkan dengan sistem perusahaan. Kamu bisa pelajari betul-betul perusahaan tersebut.

Jangan Tanyakan Ini Saat Interview Kerja

Tidak kalah pentingnya, jika kamu sudah mempelajari latarbelakang perusahaan sebelum melakukan seleksi pekerjaan. Dalam interview kamu akan diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Nah sesi ini sebaiknya kamu gunakan dengan sebijak mungkin. Ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya kamu hindari saat interview diantaranya

  1. Profil perusahaan

Sebelum kamu memutuskan untuk melamar di suatu perusahaan. Kamu harus mencari tahu tentang latar belakang perusahaan tersebut. Hindari bertanya tentang profil perusahaan kepada pewawancara. Pertanyaan ini lebih layak diajukan oleh pihak pewawancara kepada kamu, bukan sebaliknya. Sama saja kamu, menunjukan kepada pewawancara bahwa kamu kurang persiapan dan bisa jadi memberikan kesan negatif.

  1. Nominal Gaji yang ditawarkan

Penasaran pasti dengan gaji yang ditawarakan kepada kamu. Boleh-boleh saja kamu bertanya mengenai gaji. Tapi perlu kamu perhatikan bahwa pertanyaan mengenai gaji sebaiknya ditanyakan setelah kamu diterima. Lebih baik kamu tahan dulu pertanyaan tersebut biarkan pewawancara yang membahas lebih dulu.

  1. Bonus

Pada saat wawancara fokus dulu dengan mempresentasikan potensimu layak untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sistem bonus atau benefit yang akan kamu terima pasti akan diberitahu saat kamu sudah dinyatakan diterima. Apalagi kamu membahas jatah cuti, masuk kerja aja belum sudah menanyakan cuti.

  1. Pembahasan bersifat pribadi

Bersikaplah profesional ketika interview. Pastikan pertanyaan yang kamu ajukan masih berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan mengajukan pertanyaan yang sifatnya pribadi sehingga ada kemungkinan dapat menyinggung pewawancara.

  1. Rumor perusahaan

Saat kamu malakukan riset sebelum interview, mungkin kamu mendapatkan info yang tidak sedap mengenai perusahaan. Dengan itu, kamu bisa membuat keputusan untuk melanjutkan atau tidak proses rekrutmen. Ketika kamu ragu untuk meneruskan proses seleksi karena rumor tersebut. Hal yang perlu diingat adalah sesi interview bukanlah saat yang tepat untuk mencari tahu jawaban menganai rumot tersebut. Jika kamu masih penasaran, jangan tanyakan saat sesi wawancara. Sebagai pertimbangan jika kamu mempunyai kenalan diperusahaan tersebut, kamu boleh menanyakan rumor terbebut diluar proses rekrutmen atau bisa juga kamu mencari informasi lainnya dari tesimoni.

  1. Hasil wawancara

Rasa penasaran apakah kamu diterima atau tidak saat selesai melakukan sesi wawancara adalah hal yang wajar. Ada perusahaan yang tidak langsung memberikan pengumuman kelulusan dengan cepat. Meski begitu, kamu tidak perlu untuk menanyakan hal ini langsung kepada pewawancara usai interview. Pastinya perusahaan membutuhakn waktu untuk mempertimbangkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Persiapkan diri kamu dengan tepat saat mengikuti proses seleksi karyawan. Tunjukan peforma terbaikmu bahwa kamu layak untuk bergabung dan menempati posisi yang ditawarkan.

Jangan sampai ketinggalan info loker terbaru di LokerJogja.ID

X