Cara Menghadapi Wawancara Kerja Pertama Kali

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan sehingga wawancara kerja anda berhasil

Cara Menghadapi Wawancara Kerja

Tahapan untuk bergabung di sebuah perusahaan tentu saja bermacam-macam. Tak bisa langsung bekerja di satu tempat tanpa adanya tes atau seleksi. Seperti yang kita tahu bahwa bergabung dengan suatu perusahaan seringkali harus melewati tahap melamar, tes tulis dan wawancara. Bahkan, dari tahapan ini banyak yang harus gugur atau terhenti di tahap wawancara. Sebenarnya apa yang salah? Menguasai bagaimana cara menghadapi wawancara kerja pertama kali ini tentu akan sangat membantu mengendalikan diri.

Wawancara kerja adalah tahap atau proses yang harus dilewati. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa mereka banyak yang tak bisa menguasai diri sehingga wawancara juga terganggu. Lalu bagaimana cara menghadapi wawancara kerja agar berhasil sampai di tahap wawancara dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

5 Cara Menghadapi Wawancara Kerja

  1. Tampil Menarik Sesuai Profil Perusahaan

Wawancara kerja tidak hanya melewati tanya jawab saja tetapi juga mereka akan menilai bagaimana kesiapan kita dari segi berpakaian. Pepatah lama yang mengatakan dari mata turun ke hati agaknya tak boleh dilupakan begitu saja. Cara menghadapi wawancara kerja yang pertama adalah memperhatikan penampilan. Anda bisa memberikan impresi bagus dari awal dengan menggunakan pakaian yang menarik. Tetapi sesuaikan dengan profil perusahaan. Mereka yang wawancara dengan kesiapan penampilan menarik akan mendapatkan nilai plus di depan HRD tentu saja.

  1. Perhatikan Sikap Sejak di Lobi

Attitude adalah yang utama. Sebagai calon pekerja diharuskan menunjukkan attitude yang baik. Hal ini bisa tergambar dari mulai kita datang dan menunggu di lobi. Ada baiknya berjaga-jaga dengan memperhatikan sikap saat berada di lobi menunggu giliran wawancara. Cek ponsel jika memang masih ada waktu cukup lama namun jangan berlebihan. Anda bisa mengajak bicara rekan di samping anda untuk mengurai ketegangan.

  1. Siap untuk Jabat Tangan

Cara menghadapi wawancara kerja berikutnya adalah siap untuk berjabat tangan. Bahkan ada beberapa yang bilang dari cara kita menjabat tangan, HRD bisa tahu bagaimana karakteristik kita. Maka siaplah selalu untuk berjabat tangan. Rapikan barang bawaan yang dibutuhkan. Ponsel masukkan terlebih dahulu ke dalam tas atau saku. Bawa CV di bagian tangan kiri dan tangan kanan kita siap bersalaman.

  1. Siapkan Perkenalan yang Menarik

Menyiapkan kalimat perkenalan yang menarik merupakan salah satu cara menghadapi wawancara kerja agar bisa lolos. Awalnya kita memang akan diminta untuk memperkenalkan diri. Permintaan ini memang sedikit tricky karena kita bisa menjabarkan seluruh riwayat pekerjaan dan juga pengalaman untuk menarik si pewawancara. Tetapi tentu hal ini dirasa membosankan. Sebaiknya anda memperkenalkan diri dan memberi tahu detail tentang diri anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Usahakan untuk membuat kalimat yang straight to the point tanpa harus bertele-tele.

  1. Sebutkan Pengalaman yang Relevan

Hampir mirip dengan cara menghadapi wawancara sebelumnya. Anda bisa menjabarkan pengalaman yang relevan ketika ditanya tentang pengalaman kerja. Sebutkan pengalaman kerja ini disertai dengan penjelasan job descnya. Dari sinilah nanti akan mengalir sebuah percakapan antara anda dan si pewawancara. Anda tidak lagi perlu untuk menjelaskan terlalu detail karena user akan menanyakan beberapa perincian jika memang hal tersebut dibutuhkan atau membuat penasaran. Akhiri sesi wawancara dengan mantap, menjabat tangan dan tanyakan langkah selanjutnya. Apakah hasil wawancara akan diberitahukan melalui email atau dari telepon.

Setidaknya lima cara menghadapi wawancara kerja ini akan membantu anda untuk bisa lolos dan melakukannya dengan baik. Satu hal yang terpenting adalah percaya terhadap kemampuan diri anda. Karena ketika sudah sampai pada tahap ini artinya anda telah maju satu langkah menyingkirkan kandidat lainnya. Sebagian kualifikasi telah dipenuhi, kini giliran anda meyakinkan mereka bahwa anda lah calon pekerja terbaik dan pantas menjadi bagian dari perusahaan.

Ingin bekerja di Yogyakarta? Yuk lihat info lowongan kerja Jogja terbaru di LokerJogja.ID

X