Cara Mengembangkan Karir Karyawan

Dibutuhkan cara yang tepat untuk mengembangkan karir karyawan. Dengan pengembangan yang tepat, karyawan akan semakin produktif

Cara Mengembangkan Karir Karyawan

Seorang atasan di sebuah perusahaan tidaklah hanya memimpin perusahaan menjadi sukses. Tetapi juga sebagai tauladan untuk karyawan-karyawannya agar mampu menjadi tim yang solid. Pemimpin juga bukan mereka yang hanya menyuruh karyawan untuk maju tetapi bersama-sama menjadi yang terdepan agar bisa mencapai apa yang menjadi tujuan. Seorang atasan atau bos tentu diharapkan tahu bagaimana cara mengembangkan karir karyawan.

Meski sebenarnya hal ini juga bergantung pada karyawan itu sendiri. Etos kerja yang dimiliki haruslah bagus agar mampu menciptakan karir yang cemerlang. Pengembangan karir karyawan bisa dimulai dengan beberapa cara. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan karir para karyawan dan memberi dampak pada keberhasilan sebuah perusahaan.

5 Cara Mengembangkan Karir Karyawan

  1. Pelatihan

Pelatihan adalah program umum agar bisa mengembangkan tenaga kerja atau karyawan yang anda miliki. Bentuknya juga bisa berbagai macam pelatihan. Misalnya di dalam perusahaan atau di luar perusahaan. Kalau menggunakan internal training yang jamak disebut in house training agar bisa menggunakan pelatih dari perusahaan sendiri ataupun dari luar perusahaan. Sementara untuk external training maka dilakukan dengan mengirim karyawan tersebut ke instansi atau lembaga pelatihan tertentu entah pemerintah ataupun swasta. Pelatihan bisa menjadi cara mengembangkan karir karyawan.

  1. Pendidikan

Cara mengembangkan karir karyawan berikutnya adalah melalui pendidikan. Pengembangan melalui pendidikan ini bersifat khusus. Ditujukan untuk karyawan terbaik yang memang dianggap perlu mengembangkan pendidikannya karena sebelumnya dirasa tidak cukup. Pendidikan akan memberi karyawan pengetahuan lebih lanjut tentang posisi kerjanya sekarang dan bagaimana cara untuk menambah kualitas kerja agar ia pun bisa berusaha untuk mendapatkan karir lebih dari yang sekarang.

  1. Magang

Seperti pelatihan, magang juga bisa menjadi cara mengembangkan karir karyawan. Magang di dalam perusahaan biasanya lintas departemen dengan durasi satu hingga tiga bulan. Magang kerja internal ini biasanya bertujuan untuk menyelaraskan dan meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan dari kita sendiri ataupun orang lain. Disisi lain, magang eksternal dilakukan di perusahan induk atau perusahaan lainnya. Tak sedikit perusahaan yang sekarang ini menjalankan program magang untuk mengembangkan karir karyawan.

  1. Job Enrichment

Pengembangan karyawan juga bisa dilakukan dengna job enrichment. Program ini merupakan penambahan tugas dan juga tanggung jawab di posisi yang sama. Seringkali karyawan yang dilibatkan dalam program job enrichment ini merupakan karyawan yang menonjol diantara karyawan lainnya. Meski begitu, ada juga perusahaan yang melakukan job enrichment pada semua karyawan yang ada di dalam satu tingkat atau level demi memeratakan kesempatan berkembang pada diri mereka.

  1. Benchmark

Orang lain menyebutnya dengan studi banding. Benchmark merupakan salah satu cara mengembangkan karir karyawan yang mana bisa mengevaluasi atau membandingkan sesuatu dengan standar. Cara ini nanti dilakukan jika sesuatu di perusahaan itu butuh ditingkatkan. Studi banding ini tidak melulu tentang peralatan tetapi juga bisa pada apapun yang mengangkut tentang kepentingan perusahaan. Misalnya saja bagaimana situasi kerja, prosedur kerja, perjanjian antara perusahaan dengan karyawan hingga tentang keselamatan kerja.

  1. Uji Kompetensi

Uji kompetensi merupakan cara untuk bisa mengembangkan karyawan. Uji ini nanti bisa dilakukan oleh pihak perusahaan sendiri ataupun lembaga sertifikasi profesi atau LSP yang sudah diakreditasi oleh BNSP. Uji kompetensi internal biasanya merupakan program tahunan yang dijalan dalam suatu departemen yang sudah menjalankan suatu standar internasional.

Beberapa cara mengembangkan karir karyawan ini bisa anda coba terapkan. Lakukan pelatihan, pendidikan, magang, job enrichment hingga uji kompetensi. Tak hanya untuk atasan tetapi karyawan juga punya andil dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Temukan lowongan kerja Jogja terbaru di LokerJogja.ID, untuk memulai karir masa depanmu!

X