Tips Mengatasi Keluhan dalam Bekerja
Untuk mengatasi keluhan saat bekerja, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba.
Buat karyawan yang merasa terbebani dengan pekerjaan, tentu ada tips mengatasi keluhan dalam bekerja. Wajar, selama 5 hari bekerja dari pagi sampai sore selalu saja dihadapkan dengan materi job list yang harus diselesaikan. Itu yang membuat sebagian besar karyawan mulai merasa malas bekerja, apalagi hari Senin. Sehabis libur di hari Minggu tapi esoknya harus bekerja lagi itu beratnya minta ampun.
Belum lagi dengan keluhan yang sering terucap, seperti “Kerjaan saya banyak banget, nggak sebanding dengan gajinya”, atau “Hidup saya kok susah banget ya. Pekerjaan menumpuk terus!”. Ingat, mengeluh itu tidak baik. Tenang, ada tips mengatasi keluhan dalam bekerja yang patut untuk kawan coba terapkan.
Tips mengatasi keluhan yang muncul saat kita bekerja, sebenarnya sangat mudah untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, rasa ingin hidup enak, tanpa perlu beban, dan tak ingin capek menjadi momok dalam pikiran. Hal itu wajar sih mengingat setiap orang pasti ingin hidupnya enak dan nyaman. Itu yang terkadang mendorong orang mengeluh dalam bekerja. Makanya, pada mencari cara atau tips mengatasi keluhan dalam bekerja.
Tak hanya itu saja, dalam bekerja memang hal yang patut diperhatikan bahwa, sampai kapan pun mengeluh itu pasti ada dan itu wajar. Tapi, kalau terus menerus mengeluh atau menggerutu maka itu adalah masalah. Nah, kali ini ada cara untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut. Oke, langsung saja, berikut di bawah ini saya akan berbagi tips mengatasi keluhan dalam bekerja, terutama yang sering mendapat jadwal lembur dan pekerjaan menumpuk.
Tips Mengatasi Keluhan dalam Bekerja
Berikut di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips mengatasi keluhan dalam bekerja. Berikut uraiannya :
- Ingat dan Syukuri, Masih Banyak di Luar Sana yang Sulit Mendapat Pekerjaan
Pertama dalam tips mengatasi keluhan dalam bekerja bahwa ada satu hal yang jelas dan pasti bisa membuat kita berpikir saat keluhan datang, ingat bahwa kita bukan orang pengangguran. Masih banyak di laur sana yang ingin mendapat pekerjaan layak tapi tak kunjung mendapatkan job. Syukuri dan nikmati kondisi yang Anda hadapi sekarang. Dengan begitu maka keluhan pun akan bisa teratasi sehingga kita akan lebih banyak bersyukur. Apapun itu, suka atau tidak suka, Anda lebih beruntung dibandingkan mereka yang menganggur.
- Selalu Tanamkan bahwa Ada yang Sedang Anda Perjuangkan
Selain itu, ada juga tips mengatasi keluhan dalam bekerja, yaitu bahwa di belakang Anda ada yang sedang diperjuangkan. Bisa itu orang tua Anda, saudara, atau mungkin kekasih/istri yang tengah mengharap nafkah dari Anda. Berpikir lah bahwa jika sobat sudah berhasil mendapat pekerjaan meski punya beban berat. Bayangkan saja, bagaimana dengan mereka yang masih belum bekerja sedangkan punya tanggungan keluarga yang wajib dinafkahi. Be smart people guys. Jadikan pekerjaan yang sobat jalani adalah aset utama demi setiap orang yang Anda sayangi.
- Coba, Sesekali Ambil Cuti dan Berliburlah
Ini tips mengatasi keluhan dalam bekerja yang paling asyik. Anda bisa mengambil beberapa hari cuti untuk berlibur bersama istri atau keluarga. Sebab keluhan yang muncul biasanya dikarenakan rutinitas yang monoton dengan ragam beban tugas yang harus diselesaikan tepat waktu. Manfaatkan waktu luang Anda untuk piknik ke lokasi alami yang Anda suka. Cara ini cukup efektif untuk menyegarkan kembali pikiran.
- Diam Sejenak dan Ambil Nafas Panjang Saat Keluhan Terjadi Ketika Sedang Bekerja
Terkadang, emosional tinggi ketika bekerja membuat orang mudah marah. Namun, yang dikhawatirkan jika hal tersebut terjadi pada saat bekerja di kantor. Nah, untuk itu, salah satu tips mengatasi keluhan dalam bekerja yaitu dengan diam sejenak dan mengambil nafas panjang. Bisa jadi Anda sedang kelelahan karena tekanan dan itu bisa menjadi alasan yang logis. Namun, perlu untuk dipahami, mindset Anda harus mengacu bahwa Anda bekerja untuk diri sendiri dan orang yang berarti bagi Anda. Maka, tak heran jika nantinya akan ada yang bangga dengan hasil kerja yang sobat lakukan.
So, itulah beberapa tips mengatasi keluhan dalam bekerja. Satu point penting ketika rasa untuk mengeluh itu datang, ingat bahwa Anda adalah orang yang sudah bekerja, setidaknya bukan pengangguran. Sebab, masih banyak sekali orang pengangguran di luar sana yang ingin dapat bekerja. Nah, sampai di sini seharusnya tips mengatasi keluhan dalam bekerja di atas bisa menjadi cara untuk mencegah rasa yang selalu menggerutu. Sekian dan semoga bermanfaat.
Selanjutnya, untuk lebih lengkapnya, ada beberapa informasi mengenai lowongan kerja Jogja yang disajikan oleh LokerJogja.id