Tips Melamar Kerja via Online

Tips yang akan sangat berguna bagi anda yang gemar mencari pekerjaan dan mendaftarnya secara online

Tips Melamar Kerja Via Online

Tidak dipungkiri jika saat ini zaman semakin canggih dan berbagai hal bisa dilakukan secara online. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya layanan ojek online yang menawarkan berbagai jasa dan semuanya via online. Jika melihat hal tersebut maka tidak heran jika melamar kerja via online juga banyak sekali dilakukan. Bisa dikatakan jika melamar pekerjaan via online lebih mudah dan praktis. Selain itu, cara ini juga membuat pelamar menjadi lebih hemat tenaga dan biaya. Namun meskipun mudah, masih ada banyak hal yang harus diperhatikan agar lamaran bisa lolos dan mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, ketahui beberapa tips melamar kerja via online.

Melamar pekerjaan via online memang mudah, tapi perlu diingat bahwa jumlah pelamar yang mengetahui informasi lowongan kerja tersebut juga tidak sedikit. Oleh karena itu jangan membuat kesalahan sedikit pun ketika melamar via online agar perusahaan tidak melewati profil atau lamaran yang Anda miliki sehingga lamaran Anda tidak sia-sia.

Tips Melamar Kerja via Online

Agar lamaran kerja Anda bisa dengan mudah diterima perusahaan, berikut tips melamar kerja via online:

  1. Riset

Tak hanya saat sekolah atau kuliah, melakukan riset juga sangat diperlukan ketika akan melamar kerja. Dengan melakukan riset maka Anda bisa lebih mengenali diri dan Anda bisa mengetahui perusahaan seperti apa yang cocok untuk Anda. Untuk mencari lowongan bisa dilakukan dengan mudah karena saat ini banyak sekali situs yang menawarkan pengumuman lowongan kerja, baik itu gratis atau berbayar.

  1. Membuat CV dan Surat Lamaran Kerja

Tips melamar kerja via online yang selanjutnya adalah membuat CV dan surat lamaran kerja. Hal tersebut tentu harus dilakukan dan perlu diingat bahwa saat melamar lebih baik menggunaan CV dan surat lamaran kerja yang sesuai dengan perusahaan yang dituju. CV dan surat lamaran kerja yang spesifik dan sesuai tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk Anda sehingga perusahaan bisa lebih yakin untuk menerima lamaran tersebut.

  1. Buat CV Sederhana

CV atau daftar riwayat hidup adalah salah satu bagian penting yang harus ada saat melamar pekerjaan. Sebaiknya daftar riwayat hidup tersebut memuat informasi yang bisa menunjang nilai Anda dan bisa menarik perhatian perusahaan. Usahakan untuk tidak memberikan informasi terlalu banyak pada CV agar terlihat ada bagian  yang menarik pada diri Anda. Pada CV tersebut bisa juga diisi dengan pengalaman organisasi yang pernah diikuti atau pengalaman bekerja jika sebelumnya sudah pernah bekerja agar perusahaan bisa lebih mempertimbangkan Anda.

  1. Selalu Berusaha dan Tidak Menyerah

Semangat adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam melamar kerja, terlebih jika beberapa lamaran yang sudah diedarkan tidak juga mendapatkan kabar baik. Namun jika ada panggilan, Anda bisa tetap terus melamar pada lowongan kerja yang lain dan nantinya bisa memilih perusahaan atau tempat kerja yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

  1. Perbanyak Teman

Memperbanyak teman yang juga sedang mencari kerja adalah salah satu cara yang ampuh. Selain bisa saling mendukung, Anda dan teman juga bisa saling berbagi informasi mengenai sebuah perusahaan atau lowongan kerja yang sedang dibuka.

  1. Wawancara

Ketika lamaran kerja yang dikirim mendapatkan panggilan, Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin agar saat wawancara bisa memberikan hasil yang maksimal. Gunakan bahasa yang sopan, pakaian rapi, dan datang tepat waktu agar perusahaan bisa yakin untuk menerima Anda.

Itulah sedikit ulasan tentang tips melamar kerja via online. Cari lowongan kerja Jogja? Kini tersedia platform LokerJogja.ID yang akan memudahkan anda menemukan pekerjaan impian di Yogyakarta.

X