Tips Bersikap Bijak Ketika Mendapatkan Kritis di Lingkungan Kerja

Bijaklah dalam menyikapi kritik karena itu dapat membawa perubahan kearah lebih baik.

Tips Bersikap Bijak Ketika Mendapatkan Kritis Di Lingkungan Kerja

Tips Bersikap Bijak Ketika Mendapatkan Kritis di Lingkungan Kerja – Manusia sebagai makluk sosial yang sering berjumpa dan berkomunikasi dengan orang lain pasti tidak lepas dari penilaian, pujian, bahkan kritikan. Tidak semua orang dapat menanggapi kritis dengan bijak. Respon dari setiap orang akan berbeda dengan orang lain. Tak kecuali di lingkungan kerja, kamu pasti akan dihadapkan dengan kritik. Terkadang sulit untuk kita berlapang dada ketika mendapatkan kritik. Sebagian orang menanggap kritis adalah hal yang menyakitkan dan menjauhkan apalagi ketika kritik tersebut dilakukan pada waktu yang tidak tepat dan intonasi yang kurang pas seperti dnegan cara membentak, nada tinggi dan dilakukan dibanyak orang.

Tips Bersikap Bijak Ketika Mendapatkan Kritis di Lingkungan Kerja

Ketika seseorang mendapatkan kritik umumnya akan merasa tidak nyaman, tersinggung bahkan dapat membuat kehilangan kepercayaan diri. Situasi seperti ini memang tidak mudah, tetapi dibalik dengan kritik ada hal positif atau hikmah yang bisa dapatkan. Salah satunya dengan mendorong kamu untuk mengembangkan diri kamu kearah yang lebih baik. Dengan adanya kritik juga dapat menjadi motivasi untuk memperbaiki kesalahan kamu lalu tidak mengulangi kesalahan yang sama. Nah, supaya kamu dapat menyikapi kritik dengan bijak dan tidak membuat kinerjamu turun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yakni:

  1. Dengarkan kritik tersebut

Ketika kamu mendapatkan kritik dari seseorang, hal yang pertama kamu lakukan adalah dengarkan kritik tersebut baik-baik. Jangan lansgung membalas dengan argumenmu, apalagi disampaikan dengan emosi yang tidak stabil. Biarkan pemberi kritik menyampaikan kritiknya hingga selesai sambil kamu mengatur emosi. Jangan langsung berfikir negatif hal itu bisa membuat kamu menerima kritikan tersebut.

  1. Pahami kritik yang disampaikan

Setelah selesai memberikan kritikan, kamu perlu untuk memahami kepada kamu dikritik, siapa yang memberi kritik, bagaimana cara penyampaikan kritik tersebut dan masih banyak lagi yang bisa kamu cari tahu. Ketika kamu hanya fokus kepada kritik dan emosimu tanpa memahami alasan di balik kritik tersebut maka kamu akan kesulitan dalam menerima dan  berlapang dada.

  1. Berterima kasih kepada pemberi kritik

Seseorang memberikan kritikan, artinya ada pesan yang ingin ia sampaikan berdasarkan apa yang ia lihat dari apa yang kamu lakukan. Diberikan kritikan kamu harus tetap rendah hati. Berikan ucapan terima kasih karena sudah mengingatkan dan memperhatikan apa yang kamu lakukan. Secara tidak langsung seseorang yang memberi kritikan artinya perduli kepadamu. Pada akhirnya kritik jika diterima dengan lapang dada akan membawa kamu pada perubahaan kearah lebih baik, tapi semua akan tergantung dengan bagaimana kamu menerima dan menyikapi kritikan tersebut.

  1. Atur emosi

Penting untuk kita mengatur emosi ketika diberi kritikan. Ketika apa yang dikritik dan kamu terima merasa secara spontan pasti ingin membalas dengan argumenmu. Berusahaanlah untuk mengatur emosimu agar stabil sehingga kamu dapat berfikir secara rasional ketika dihadapkan dengan kritikan.

  1. Ambil hikmah dari kritik tersebut

Setiap kritik yang disampaikan, kita bisa mengambil sisi positifnya. Terimalah pesan dengan lapang dada dan sikapi dengan pikiran yang jernih. Percayalah ketika kamu menyikapi kritik dengan bijak akan memberikan dampak positif atau hikmah dikemudian hari. Tidak hanya bermanfaat pada diri kamu sendiri tapi juga dengan pergaulan atau karirmu.

Jangan langsung berkecil hati ketika kamu menerima kritikan. Seseorang memberikan kritik bukan berarti benci tetapi perduli kepadamu.

Temukan lowongan kerja di LokerJogja.ID

Bagikan
Follow LokerJogja.ID Ikuti Kami