Sukses Menghadapi Walk In Interview

Sebelum melakukan wawancara pekerjaan, ada baiknya kamu mencari tahu gambaran dari perusahaan tersebut.

Walk In Interview

Sukses Menghadapi Walk In Interview – Proses rekruitmen pekerjaan ada beberapa jenis salah satunya adalah walk in interview. Walk in interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan bila posisi yang ingin di isi dan jumlah pelamarnya besar. Keuntungan dari tahapan ini adalah kita tak perlu menunggu lama surat panggilan untuk melakukan wawancara setelah mengirim berkas lamaran. Biasanya setelah perusahaan yang melakukan walk in interview akan langsung memberikan keputusan diterima atau tidaknya.

Sukses Menghadapi Walk In Interview

Pada dasarnya walk in interview sama seperti cara rekuitmen lainnya tapi pada umumnya hanya dilakukan wawancara saja. Di sini kita dituntut untuk lebih maksimal dalam persiapan diri. Tak jarang orang yang gugup saat melakukan wawancara. Walk in interview biasanya dilakukan secara massa jadi sebaiknya kamu membawa barang yang membuat kamu selalu bersemangat. Berikut ini ada beberapa tips anti gagal saat menghadapi walk in interview:

  1. Datang tepat waktu, Ingat jangan terlambat

Datang sesuai jadwal yang ditentukan wajib kamu lakukan. Dengan kamu datang lebih awal kamu bisa mempersiapkan diri dan segala kelengkapannya. Kamu tidak tergesa-gesa dan akan lebih tenang.

  1. Siapkan dengan baik berkas lamaran kerjamu

Sebelum kamu mulai wawancara ada baiknya satu hari sebelumnya kamu memeriksa ulang berkas yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang ketingalan. Apabila perlu selalu upgrade CV kamu secara berkala.

Pada saat Walk in interview berkas yang perlu kamu bawa seperti CV, Lamaran Kerja, Ijazah, dan dokumen pendukung lainnya. Kamu harus menyusun dokumen tersebut agar terlihat rapi.

  1. Tampilkan wajah optimis dan bersemangat

Pastikan pakaian yang kamu kenakan membuat kamu nyaman, terlihat sopan dan rapi. Kamu perlu tahu bahwa saat menghadiri walk in interview akan ada banyak pelamar yang datang dan kamu diharuskan untuk antri sabar menunggu panggilan wawancara. Rasa bosan pasti akan datang, tapi ketika kamu sudah berhadapan dengan pewawancara, tampilkan wajah yang bersemangat dan optimis. Jangan lupa untuk menatap bangga sambil tersenyum kepada pewanwancara.

  1. Konsisten

Ketika sudah mulai berhadapan dengan pewawancara, akan ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjebak kamu. Sebelum wawancara ada baiknya  kamu cari tahu dulu pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan. Dengan hal tersebut kamu bisa meninimalisir jawaban “tidak tahu”. Jawaban yang kamu berikan harus jujur dan konsisten.

  1. Jaga intonasi untuk tetap tegas

Kamu harus memperhatikan intonasi kamu saat wawancara. Ada beberapa pewawancara yang mengajukan pertanyaan yang menguji kamu sehingga harus berhati-hati. Kamu harus lebih pandai memiliki jawaban dengan intonasi yang tepat. Hindari jawaban dengan intonasi yang terkesan arogan.

  1. Hindari pandangan negatif

Walaupun kamu memiliki kekecewaan dengan tempat kerjamu sebelumnya. Kamu tidak perlu menjelek-jelekan perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu adalah tipe orang yang kurang mempunyai integritas. Meskipun yang kamu katakan adalah fakta tapi sebaiknya kamu menghindari hal tersebut.

Kamu bisa menghadapi walk in interview dengan sukses saat kamu mempersiapkan diri kamu secara maksimal. Kamu bisa memperajari gambaran diri kamu dan perusahaan yang akan kamu lamar.

Dapatkan info lowongan kerja terbaru di LokerJogja.ID

X