Step Yang Harus Diperhatikan Untuk Bisa Negosisasi Gaji

Untuk mendapatkan posisi yang sesuai dengan keinginanmu butuh waktu dan usaha

Negosiasi Gaji

Step Yang Harus Diperhatikan Untuk Bisa Negosisasi Gaji – Kenaikan gaji atau jabatan memang bukan perkara mudah. Semua tergantung dengan performa kita selama bekerja. Jika kamu merasa sudah lama bekerja di perusahaanmu saat ini dan sudah sepantasnya untuk bisa naik gaji atau jabatan, sebelum kamu mengajukan hal tersebut kepada atasanmu perhatikan beberapa hal berikut ini.

Step Yang Harus Diperhatikan Untuk Bisa Negosisasi Gaji

Tidak semua orang dengan mudah mengutarakan niatnya untuk naik gaji atau jabatan. Untuk mangajukan diri memang belum menjadi budaya berorganisasi di Indoneisa. Ada perasaan takut atau yang sering terjadi adalah bingung mulai dari mana untuk topik ini kepada atasanmu. Jika kamu masih mempunyai kendala untuk mengutarakan niatmu ini, simak beberapa langkah berikut :

  1. Memulai Obrolan

Untuk mencairkan suasana agar lebih santai dan tidak kaku, sebagainya kamu membuka obrolan yang santai dengan atasanmu. Jangan langsung ke poin yang dituju. Aturlah suasana saat kamu ngobrol senyaman mungkin. Lakukan obrolan tersebut tetap tenang dan sopan. Jangan lupa untuk mengucapakan terima kasih kepada HRD atau atasanmu kalau kamu sudah diberi kepercayaan untuk bekerja diperusahaan tersebut.

  1. Bukti Spesifik

Negosiasi gaji atau kenaikan jabatan diajukan harus berdasarkan data yang sesuai. Terutama ditunjukan dengan bukti spesifik prestasi mu selama ini yang sudah pernah kamu kelakukan. Gunanya untuk memperkuat niatmu dan menjadi bahan pertimbangan atasanmu. Bukti yang kamu tunjukan bukan hanya berdasarkan opini kamu sendiri, tapi mintak lah rekan kerjamu untuk memberikan testimoni. Jangan malu untuk menanyakan kesan dari rekanmu karena itu bisa membuktikan bahwa kamu pantas naik jabatan atau gaji.

  1. Jelaskan jabatan yang dituju

Setelah kamu memberikan bukti yang kuat untuk bisa mendapatkan promosi. Kamu harus tahu jabatan mana yang akan kamu incar. Kamu harus memperkirakan kemampuan kamu dengan jabatan yang kamu incar. Jangan sampai jabatan yang kamu incar tidak sesuai dengan kemampuan dengan bukti yang kamu ajukan kepada atasanmu.

  1. Minta feedback

Jika kamu sudah mengutarakan niatmu untuk naik jabatan atau gaji berserta bukti yang memperkuat niatmu. Pilihlah waktu yang tepat untuk meminta feedback, carilah waktu yang tepat. Jangan terlalu berburu-buru untuk niatmu segera di respon, pahami bahwa niatmu itu harus melakukan pertimbangan tidak hanya dari atasanmu tapi dari devisi yang lain. Dan butuh evaluasi lebih dari atasanmu.

Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu ketahui sebelum kamu mengutarakan niatmu untuk negosiasi gaji atau jabatan. Jangan sampai kamu meminta di waktu yang tidak tepat.

Cari info pekerjaan yang sesuai dengan kamu di LokerJogja.ID

 

X