Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan S1 Hukum

Berbagai pekerjaan yang cocok untuk anda yang sudah menempuh pendidikan S1 Hukum. Pekerjaan yang LokerJogja.ID ini sangat cocok untuk lulusan hukum

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan S1 Hukum

Banyak sekali jurusan yang bisa dipilih saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik itu negeri atau swasta. Dari banyaknya jurusan yang tersedia di perguruan tinggi, hanya beberapa saja yang memiliki banyak peminat, seperti Ilmu Komputer, Teknik Arsitektur, Kedokteran, Hukum, Psikologi, Ekonomi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan masih banyak yang lainnya. Hukum menjadi salah satu jurusan yang memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia karena peluang kerja setelah lulus sangat terbuka lebar. Jika Anda masuk jurusan hukum dan masih bingung dengan pekerjaan setelah lulus, jangan khawatir karena terdapat beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan S1 Hukum.

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan S1 Hukum

  1. Staf Legal

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan S1 hukum yang pertama adalah staf legal. Pekerjaan yang satu ini memberikan peluang yang sangat besar karena setiap bidang perusahaan membutuhkan staf legal. Staf legal sangat berperan karena menguasai ilmu tentang aset perusahaan, surat perjanjian kerja, dan berbagai berkas penting lain milik perusahaan.

  1. Staf Kementrian

Peluang bekerja menjadi staf kementrian sebenarnya cukup banyak karena menurut berita CPNS yang beredar, kementrian dan BUMN membutuhkan sarjana hukum. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan KEMENKUMHAM yang membuka lowongan lebih awal daripada kementrian yang lain. Jika Anda memiliki kemampuan yang bagus dan kualitas kerja Anda sangat baik, Anda bisa menjadi menteri. Dengan kata lain, Anda bisa meningkatkan karir dari staff kementrian menjadi menteri jika kemampuan Anda sebagai sarjana hukum terbukti saat menjadi staf kementrian.

  1. Dosen

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan S1 Hukum yang selanjutnya adalah dosen. Jika memang ingin menjadi dosen, Anda tidak bisa langsung menjadi pengajar setelah lulus S1 hukum tapi harus sekolah lagi. Latar pendidikan yang harus Anda lalui minimal setingkat S2 terlebih dulu sebelum melamar menjadi dosen.

  1. Notaris

Hampir sama dengan dosen, ketika ingin menjadi notaris Anda harus sekolah lagi. Anda harus mengambil program Magister Kenotarian sebelum melamar menjadi notaris. Pekerjaan yang satu ini banyak diincar oleh lulusan S1 hukum karena tidak terikat pada suatu perusahaan. Selain itu, menjadi notaris juga bisa membuka praktik di rumah dan menjalankannya sendiri. Pekerjaan yang dilakukan oleh notaris adalah mengurus berbagai akta seperti akta rumah, akta tanah, atau akta kepemilikan perusahaan.

  1. Diplomat

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan S1 hukum yang terakhir adalah menjadi diplomat. Profesi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bekerja di luar negeri untuk kepentingan negara. Saat bekerja sebagai diplomat, Anda akan menjadi wakil bangsa yang tinggal di negara lain dan mendapatkan banyak kolega dari penempatan kerja tersebut. Selain itu Anda juga akan berpindah-pindah dari negara satu ke negara lain jika menjadi seorang diplomat.

Beberapa pekerjaan yang sudah disebutkan merupakan profesi yang sangat banyak diminati dan tidak bisa berdiri sendiri kecuali notaris. Namun selain notaris, Anda juga bisa memilih menjadi seorang pengusaha yang mendirikan perusahaan sendiri. Dengan bekal ilmu hukum yang didapatkan saat kuliah, Anda akan lebih mudah mengurus perusahaan karena sudah mengetahui syarat dan proses hukum yang harus diselesaikan. Selain itu kelengkapan dokumen juga menjadi lebih terjamin sehingga tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Itulah sedikit ulasan tentang 5 pekerjaan yang cocok untuk lulusan S1 hukum. Ingin bekerja di Yogyakarta? Yuk lihat info lowongan kerja Jogja terbaru di LokerJogja.ID

X