Karyawan Punya Kerja Sampingan, Boleh Gak Sih?

Mempunyai penghasilan tambahan memang mengiurkan, tapi perhatiakan hal berikut ini.

Karyawan Punya Kerja Sampingan, Boleh Gak Sih

Karyawan Punya Kerja Sampingan, Boleh Gak Sih? – Siapa sih yang enggak pengen punya penghasilan tambahan? Hampir setiap orang pengen untuk memiliki gaji lebih banyak. Salah satunya dengan mencari kerja sampingan. Mungkin ada karyawan yang masih merasa belum cukup gaji yang diterima setiap bulannya makanya kerja sampingan sering menjadi pilihan.

Karyawan Punya Kerja Sampingan, Boleh Gak Sih?

Ada beberapa konsekuensi yang harus kamu tahun sebelum memutuskan punya kerja sampingan. Salah satunya adalah waktu, dimana kamu harus pandai-pandai membagi waktu untuk kerja utama, kerja sampingan, dan kehidupan lainnya. Jangan sampai kamu terlalu fokus untuk bekerja lupa sama kesehatanmu atau keluargamu. Memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan juga perlu hati- hati. Supaya kerja utama dan sampinganmu lancar, pahami beberapa hal berikut ini:

  1. Pahami aturan kantor

Ada beberapa perusahaan yang memperbolehkan untuk karyawannya memiliki pekerjaan sampingan mungkin dengan berbagai catatan yang harus diperhatikan. Sebelum itu coba untuk cek di kontrak kerjanya terlebih dulu.

  1. Pilih pekerjaan dengan bidang yang berbeda

Ketika sudah diperbolehkan untuk mencari pekerjaan sampingan. Pastikan bidang pekerjaan sampingan mu tidak sama dengan perrusahaan. Perusahaan mana yang akan memberikan toleransi karyawan yang melakuakn pekerjaan sampingan dengan bidang yang sama. Pastinya akan ada kekhawatiran sendiri bagi perusahaan.

  1. Minta izin atasan

Diskusikan pekerjaan sampinganmu dengan atasanmu. Mintalah saran untuk bisa mengatur pekerjaan utamamu. Jangan sampai side job mu menganggu waktu pekerjaan utamamu. Ketika kamu memngerjakan side job pastikan juga bahwa kamu menggunakan peralatan pribadimu. Tidak menggunakan peralatan kantor.

  1. Atur waktu

Penting untuk kamu bisa mengatur waktu, antara pekerjaan utama dan side jobmu. Hal tersebut penting karena kamu harus tetap memprioritaskan pekerjaan utamamu.

  1. Jangan ganggu alur kerja utama

Ketika side jobmu sudah berkembang, ada beberapa yang colong-colongan melakukan pekerjaan pada saat jam kantor. Jika dilakukan terus menerus maka pekerjaan kantormu akan terganggu dan begitu pula dengan konsentrasimu.

  1. Pisahkan rekening gaji utama dengan side Job

Sering diabaikan adalah memisahkan rekening mu dari pekerjaan utama dengan sampinganmu. Tujuannya memisahkan rekening adalah agar kamu bisa lebih mudah cek penghasilan dari sidejobmu. Bagi yang side job nya adalah dengan usaha, bisa buat untuk memantau perkembangan usahamu. Selain itu juga lebih mudah untuk operasional harianmu.

Sudah ada keputusan tentang side job atau pekerjaan sampinganmu? Kamu bisa bertanya-tanya kepada teman yang juga memiliki pekerjaan sampingan. Pastikan poin diatas bisa kamu pahami terlebih dahulu sebelum memutusakan untuk mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan.

Cari info loker di LokerJogja.ID

X
X
X