Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Kami Ketahui

Pentingnya mencari tahu informasi lowongan kerja sebelum kamu memulai memasukkan lamaran, jangan sampai nanti kamu mengalami kerugian

Woman 1253508 1280

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu – Modus penipuan saat ini sudah mulai menggunakan berbagai cara. Salah satunya modus penipuan dengan memasang iklan lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan terkemuka. Saat ini dengan kemudahan memasang iklan dengan digital menjadi wadah yang di manfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan.  Kamu yang sedang mencari pekerjaan harus lebih berhati-hati dalam mencari pekerjaan, jangan sampai kamu masuk ke dalam perangkap si penipu.

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu

Hal yang harus kamu ketahui sebelum memasukkan lamaran ke perusahaan antara lain adalah

  1. Perhatikan domain email perusahaan

Lowongan kerja yang tidak resmi dari perusahaan biasanya memberikan sebuag email yang memanfaatkan domain gratisan serti @yahoo dan @gmail dan dibuat sedemikian mirip dengan email perusahaan yang asli sehingga dapat mengkelabuhi para pencari kerja dengan email yang hamper sama. Padahal lazimnya untuk perusahaan perusahaan besar menggunakan format email @namaperusahaan.co.id. Jadi kalau kemu temui lowongan dengan format menggunakan domain gratis dan mengatasnamakan perusahaan besar kamu bandingkan dengan alamat email dari website resmi perusahaan tersebut.

  1. Mencantumkan perusahaan besar dan menggunakan blog gratisan/tidak resmi

Perhatikan untuk website yang diberika lowongan kerja fiktif. Biasanya untuk oknum yang tidak bertanggung jawab jika mencantumkan website dengan domain wordpress.com, blogsport.com atau blog blog gratis yang lainnya. Walaupun di dalam website tersebut memberikan informasi tentang perusahaan tersebut tapi kita perlu perhatikan informasi yang dicantumkan dalam website tersebut.

  1. Perhatikan jabatan yang di tawarkan

Perlu kita ketahui untuk perusahaan yang besar jarang membuka lowongan kerja untuk posisi pekerjaan dengan jabatan yang langsung tinggi atau perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan banyak posisi pekerjaan sekaligus dimulai dari posisi yang paling bawah seperti staff kebersihan sampai posisi yang menjanjikan seperti manajer dalam 1 lowongan.

  1. Persyaratan menjadi karyawan mudah dan umum

Persyaratan yang mudah juga perlu kita perhatikan apalagi untuk posisi yang harus mempunyai keahlian khusus. Contohnya dengan persyaratan seperti jenis kelamin, tingkat Pendidikan, dan umur saja.

  1. Menawarkan gaji yang tidak masuk akal

Mendapatkan gaji yang besar menjadi impian semua orang, tapi perlu kita hati-hati dengan perusahaan yang menawarkan tidak masuk akal. Sebelum kita melamar dan diberitahukan tentang gaji kita perlu riset terlebih dahulu mengenai gaji umum dengan posisi pekerjaan yang setara dengan perusahaan yang dilamar.

  1. Informasi lowongan disebarkan melalui pesan singkat atau sosial media

Lowongan kerja fiktif biasanya menyebarluasakan informasi lowongan kerja melalui pesan singkat atau media sosial. Untuk informasi lowongan kerja yang diberikan menggunakan bahasa yang tidak rapi dan menggunakan bahasa yang professional.

  1. Langsung wawancara tanpa test

Hal yang perlu kami perhatian jika tiba-tiba kamu mendapatkan pesan singkat atau telepon untuk melakukan wawancara dimana kamu merasa tidak melamar ditempat tersebut. Hal tersebut sebaiknya tidak perlu kamu hiraukan lagi karena itu sudah pasti penipuan

  1. Meminta sejumlah uang

Saat melamar kerja jangan memberikan uang berapapun. Ini adalah modus yang sering dilakukan oleh oknum-oknum untuk mendapatkan keuntungan. Hal yang perlu diingat adalah perusahaan yang membuka lowongan kerja tidak memungut uang sepeserpun.

Tidak ada salahnya kamu tetap waspada dalam melamar pekerjaan, kamu perlu melakukan riset perusahaan yang akan kamu lamar.

Cari infomasi lowongan kerja dari perusahaan yang resmi di LokerJogja.ID

X