Bijak Mengatur Keuangan Saat Pandemic, Ikuti Cara ini!

Covid-19 ini sudah memberikan banyak imbas kepada kita semua, tak terkecuali dengan kesejahteraan finansialmu!

Tips Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemic

Bijak Mengatur Keuangan Saat Pandemic, Ikuti Cara ini! – Tahun 2020, dunia termasuk Indonesia dihebohkan dengan wabah penyakit yaitu Covid-19. Adanya pendemic Covid-19 ini berimbas pada kondisi keuangan kita. Hampir lumpuhnya perekonomian yang dikarenakan banyak Perusahaan berskala besar hingga kecil yang kehilangan penghasilannya. Hal tersebut mengakibatkan Banyak pekerja yang harus dipotong penghasilannya bahkan kehilangan pekerjaan.

Bijak Dalam Mengatur Keuangan pada Masa Pendemic

Sebab hal ini tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir dan pastinya mengancam kesejahteraan financialmu. Dengan himbauan pemerintah untuk membatasi kegiatan diluar rumah pastinya pemasukan kamu akan berkurang. Kondisi ini membuat kemu berfikir untuk bisa mengatur keuangan, supaya tetap dalam keadaan stabih ditengah pandemic ini. Berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatur keuangan dengan bijak, yakni:

  1. Menerima Keadaan

Menyadari bahwa keadaan ini dirasakan oleh banyak orang di belahan dunia sekalipun. Kamu harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Berfikir positif bahwa kondisi saat ini akan segera berlalu itu sangat dibutuhkan dalam situasi ini. Kurang konsumsi berita hoax yang membuat kamu semakin panik. Berusaha mengikuti himbauan pemerintah agar pandemic ini segera berakhir dan selama kamu banyak menghabiskan waktu untuk dirumah aja kamu bisa memanfaatkannya dengan melakukan hal positif atau mencari hobi baru.

  1. Jangan panic buying

Panic buying adalah kepanikan seseorang yang diakibatkan ketakutan yang luar biasa dari wabah covid-19. Masyarakat akan memborong kebutuhan sehari-hari, masker, cairan pembersih tangan, sabun dan masih banyak lagi. Tak heran barang-barang pada pusat perbelanjaan kehabisan stok. Justru itu akan memberikan kerugian baik untuk kondisi keuanganmu atau orang lain karena banyak orang yang lebih membutuhkan tapi tidak mendapatkan barangnya. Kamu juga akan belanja berlebihan tanpa memperhitungkan kondisi keuanganmu. Jika kamu harus menyetok barang, cukup untuk stok barang selama 1 Minggu saja.

  1. Evaluasi pendapatan

Kondisi pastinya akan berubah, dimana pemasukan akan mengalami penurunan. Kamu harus mengevaluasi lagi berapa mendapatan yang bisa kamu terima saat kondisi seperti ini. Bagaimana cash Flow bulanan kamu? Apakah ada perubahan atau tidak.

  1. Hitung ulang anggaran belanja

Ketika kamu sudah melakukan evaluasi pendapatan maka kamu membuat anggaran ulang pengeluaranmu. Dengan kamu banyak waktu dirumah maka tak heran jika banyak pengeluaran yang tak terduga.

  1. Tetap berinvestasi

Walaupun dimasa yang sulit seperti ini, kamu sempatkan berapa persen untuk berinvestasi dan tetap mengalokasikan dana darutan. Meskipun nominalnya akan berbeda dengan biasanya, setidaknya akan tetap membuat finansialmu sehat dan terjaga.

Jangan menunda untuk mengatur keuanganmu dengan bijak dalam kondisi pandemic ini. Karena kita tidak tahu sampaikan ini akan berakhir. Jika masih menunda maka bisa membuat kesulitan dikemudian hari.

LokerJogja.ID tetep memberikan info terbaru lowongan kerja setiap hari ini, Yuk ikuti!

X