Tips Mengatur Waktu Pekerjaan dan Keluarga

Bagi Anda karyawan dengan segudang pekerjaan, tentu butuh waktu agar bisa berkumpul bersama keluarga. Nah, dalam LokerJogja.id kali ini, kita akan bahas cara membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Cara Mengatur Waktu Pekerjaan Dan Keluarga

Tuntutan pekerjaan sering kali menyita waktu dan pikiran. Banyaknya tanggung jawab di tempat kerja, seperti tenggat waktu, rapat, target yang harus dicapai, dan lainnya sering kali membuat Anda lupa waktu. Tak jarang, waktu yang semestinya Anda habiskan bagi keluarga harus tersita untuk pekerjaan Anda. Sulit memang, namun Anda tak bisa terus-menerus mengorbankan waktu bersama keluarga demi pekerjaan. Dengan begitu maka tak heran jika cara mengatur waktu pekerjaan dan keluarga menjadi hal yang mutlak untuk dipahami.

Memang tampaknya tak bisa dipungkiri, sebagai pegawai atau karyawan tentu saja kita memiliki jadwal yang padat untuk bekerja, sehingga meluangkan untuk hal lain seperti keluarga dan teman sangat sulit. Tetapi walaupun sulit tentu saja kita tetap harus meluangkan waktu untuk mereka agar kehidupan sosial kita berjalan dengan baik.

Jangan khawatir, dalam pembahasan kali ini, LokerJogja.id akan berbagi bagaimana strategi mudah mengatur waktu atau tips mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga agar hidup seimbang.

Cara Mengatur Waktu Pekerjaan dan Keluarga

Berikut di bawah ini akan dijelaskan bagaimana manajemen atau tips mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga.

  1. Jangan Selalu Meng ”Iya” kan semua

Tidak semua tawaran pekerjaan harus Anda terima. Tawaran pekerjaan memang sering datang pada saat-saat yang tidak tepat. Anda harus mampu memilahnya. Pertimbangkan matang-matang apakah pekerjaan yang ditawarkan bersifat mendesak atau masih bisa ditunda. Khususnya jika tawaran datang saat akhir pekan, ada baiknya Anda menolaknya jika itu sifatnya tidak mendesak. Selalu sediakan waktu untuk keluarga Anda setidaknya di akhir pekan.

  1. Luangkan Waktu, Buat Rencana Liburan Bersama Keluarga

Perencanaan sangatlah penting agar kegiatan yang direncanakan berjalan lebih terarah dan sesuai dengan tujuan. Untuk urusan liburan, ada baiknya Anda membuat perencanaannya sejak jauh-jauh hari. Tentukan hari dan tanggal liburan Anda bersama keluarga, destinasi, transportasi, hingga bujet. Dengan adanya perencanaan, tentunya Anda akan lebih tahu mengatur jadwal pekerjaan Anda agar tidak bentrok dengan rencana liburan.

  1. Menjalin dan Menjaga Komunikasi dengan Keluarga

Walaupun disibukkan dengan pekerjaan, Anda harus tetap menjalin komunikasi dengan keluarga secara baik. Sediakan waktu untuk menghubungi keluarga di sela-sela Anda kerja. Terutama bagi Anda yang bekerja jauh dari keluarga. Tak harus lama-lama, Anda bisa menjaga komunikasi dengan fitur chat, video call, atau media sosial, dan lainnya. Hal ini sangat penting meskipun hanya sekedar untuk mengetahui keadaan dan perkembangan anggota-anggota keluarga. Pun demikian, Anda juga harus terus menjaga komunikasi baik dengan orang-orang di lingkungan kantor. Sehingga keharmonisan antara rekan kerja maupun atasan bisa terjalin.

  1. Belajar untuk Multitasking

Artinya bahwa pekerjaan yang diselesaikan setidaknya juga sekaligus membuat pekerjaan lain selesai. Dengan kata lain bahwa Mengerjakan dua hal sekaligus dapat mempersingkat tugas dan memperbanyak waktu luang kamu. Namun, kamu juga harus memperhatikan tugas yang kamu kerjakan secara bersamaan agar hasilnya sempurna dan bagus. Belajar multi-tasking juga membuat kita terbiasa dalam menyelesaikan pekerjaan berat dan ringan sekaligus.

  1. Gunakan Waktu Cuti untuk Berlibur Bersama Keluarga

Di samping itu, dalam hal ini waktu cuti juga menjadi salah satu hal yang harus dimanfaatkan. Pasalnya, waktu cuti ini bisa dijadikan sebagai waktu untuk memaksimalkan kebersamaan bersama keluarga. Maka dari itu, gunakan waktu cuti ini sebagai waktu untuk traveling atau berlibur bersama keluarga. So, jangan sia-siakan waktu cuti yang diberikan ini.

Selain dari beberapa tips mengatur waktu pekerjaan dan keluarga yang disebutkan di atas, satu hal yang cukup penting yaitu komunikasi antar anggota keluarga. Kenapa? Karena komunikasi ini sangat memegang peranan penting yang diperlukan untuk menjaga keharmonisan keluarga. Sehingga, waktu untuk berbicara bersama keluarga tak hilang begitu saja. So, demikian lah ulasan lengkap mengenai beberapa tips mengatur waktu pekerjaan dan keluarga. Semoga ulasan yang LokerJogja.id sampaikan di atas bisa menjadi hal yang bermanfaat.

Informasi lebih lengkap mengenai lowongan kerja di Jogja, bisa dilihat secara lengkap di LokerJogja.id

Bagikan
Follow LokerJogja.ID Ikuti Kami