Tips Melamar Kerja via Email yang Sangat Penting!

Apabila anda akan mengirimkan lamaran lewat email, maka anda harus memperhatikan tata cara berikut ini.

Tips Melamar Kerja Via Email

Apa yang anda pikirkan ketika lulus dari bangku sekolah atau kuliah? Ada yang memutuskan untuk mencari pekerjaan. Ada juga yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Keduanya merupakan pilihan yang bagus karena kondisi dan situasi tentu kita sendiri yang bisa memahami. Jika berbicara mengenai pekerjaan, sudahkah anda tahu bagaimana tips melamar kerja via email? Sebab, melamar pekerjaan sekarang ini tidak hanya via pos dan menunggu kita mengirimnya. Akan tetapi ada banyak perusahaan yang melonggarkan sistem dengan mengirim lamaran kerja via electronic mail.

Sayangnya tidak semua orang mengetahui dengan benar bagaimana mengirim lamaran kerja jika melalui email. Sebab, selama ini mungkin kita hanya mengenal tulis menulis atau lamaran diketik rapi dan dikirim via pos. Agar surat lamaran yang anda bikin ini dipertimbangkan, berikut beberapa tips melamar kerja via email yang bisa anda gunakan saat mengirim lamaran kerja via online.

5 Tips Melamar Kerja via Email

  1. Subject Email

Ternyata tidak sedikit yang mengirim email lamaran dengan subject yang dibiarkan begitu saja. Tidak jelas. Ada yang hanya menuliskan lamaran pekerjaan, ada juga menuliskan nama dan lain sebagainya. Bahkan ada yang membiarkannya kosong. Karena email yang masuk ke perusahaan ini tidaklah sedikit maka mereka akan melakukan seleksi di awal. Isilah bagian subject email ini dengan tulisan yang benar. Sebutkan lamaran, posisi yang dilamar dan diikuti nama lengkap anda. Bisa juga menyesuaikan dengan subject yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan.

  1. Body Email

Tips melamar kerja via email berikutnya adalah berikan sedikit deskripsi atau pengantar di bagian body email. Misalnya saja berisi biodata singkat seperti nama, tempat tanggal lahir, asal sekolah, pendidikan dan nomor hape. Sampaikan bahwa anda telah melampirkan apa yang dibutuhkan atau disyaratkan oleh pihak perusahaan. Cara ini tak banyak diketahui padahal tentu saja sangat penting. Body email sebaiknya tak dibiarkan kosong.

  1. Alamat Email

Alamat email yang benar tentu saja menjadi yang utama. Perhatikan beberapa hal seperti nama asli yang anda gunakan pada alamat email. Contohnya riskirahmawan@gmail.com. Mungkin akan terdengar pasaran, tetapi anda bisa menambahkan jurusan yang anda miliki. Contohnya riskirahmawan.otomotif@gmail.com. Gunakan email dari gmail atau live. Bila perlu anda bisa menggunakan domain custom agar terlihat lebih professional.

  1. Lampiran

Lampiran merupakan salah satu fitur yang sering digunakan saat melamar kerja via online. Umumnya mereka hanya melampirkan begitu saja. Namun tips melamar kerja via email pada bagian lampiran ini adalah sebaiknya melampirkan beberapa dokumen. Misalnya CV, ijazah dan juga transkrip nilai. Ikut sertakan SKCK, KTP, KK dan surat keterangan sehat. Namun, anda juga bisa melengkapinya sesuai dengan syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya jika mereka meminta untuk menyertakan NPWP maka anda bisa menyertakannya juga.

  1. Format File

Banyak yang tak mengerti dan paham bagaimana format file harusnya dilampirkan. Setelah di scan, pisahkan curriculu vitae dengan file lain. Buatlah CV dengan bentuk PDF. Sebabdalam bentuk PDF ini akan membuat file lebih aman dan tidak rusak. Ada kejadian dimana file word tidak bisa terbaca dengan baik karena berbeda versi. Pastikan juga ukuran lampiran antara 150 kb hingga 500 kb. Ketahui jam penting untuk mengirim email lamaran kerja adalah di jam 09.00, 13.00 dan 15.00.

Beberapa tips melamar kerja via email ini akan membantu anda untuk menyiapkan lamaran kerja dengan baik. Apalagi untuk pemula atau pertama kali, memperhatikan dengan baik detail atau tiap tahapnya sangatlah dibutuhkan. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Ingin bekerja di Yogyakarta? Yuk lihat info lowongan kerja Jogja terbaru di LokerJogja.ID

X
X
X