Tips Bekerja Freelance Agar Lancar

Bekerja secara freelance menuntut sebuah kemandirian dan kedewasaan secara matang. Nah tips berikut ini akan membantu anda mencapai kedua hal tersebut

Tips Bekerja Freelance

Bekerja dengan sistem freelance memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama seperti ketika anda harus bekerja full selama 8 jam maka kita tak punya waktu untuk mengurus hal lainnya. Berbeda dengan bekerja freelance yang mana kita bisa leluasa dalam mengatur waktu. Freelance atau pekerja lepas cocok untuk mahasiswa atau pelajar. Sebab, mereka bisa tetap mengatur waktu untuk fokus di dua hal ini. Salah satu tips bekerja freelance agar lancar adalah pada manajemen waktu.

Freelance atau pekerja lepas memang tidak akan terikat dan ketat seperti kita bekerja full time. Namun memang ada tanggung jawab yang tetap harus diperhatikan. Jika anda ingin menjalankan pekerjaan ini dengan aktivitas lainnya, yuk simak tips bekerja freelance berikut ini yang akan membantu anda sukses sebagai freelancer!

5 Tips Bekerja Freelance Agar Sukses

  1. Membuka Jaringan

Tips bekerja freelance yang pertama adalah membuka jaringan. Karena memiliki jaringan yang kuat dan juga banyak merupakan modal utama agar bisa emnajdi freelancer yang sukses. Jaringan ini akan memberi anda sebuah informasi tentang pekerjaan yang cocok. Bahkan bisa memberi pekerjaan langsung. Sekarang ini para pekerja freelance ini akan diuntungkan dengan banyaknya media sosial yang memudahkan kita untuk menawarkan jasa dengan lebih mudah. Sebaiknya, jika anda menjadi freelancer memiliki banyak sosial media dan aktif untuk berinteraksi.

  1. Disiplin Waktu

Tips kedua ini bukan sebuah rahasia lagi karena memang kita memiliki aktivitas lain tidak hanya bekerja. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang mengambil pekerjaan lepas. Mereka tidak bisa fokus terhadap satu aktivitas saja namun juga ada aktivitas lainnya seperti kuliah atau sekolah. Menjadi freelancer biasanya dilakukan oleh para mahasiswa dan pelajar. Agar sukses dan lancar, disiplin waktu merupakan hal utama yang harus dilakukan. Jika memang sudah membagi waktu untuk bekerja dan kuliah, memasuki jam kerja, segera lakukan pekerjaan dan tidak menundanya jika tak ingin berantakan.

  1. Hindari Kejenuhan

Banyak para pekerja kantoran yang mengalami rasa jenuh karena rutinitas dan mereka merasa lelah. Hal ini tentu juga dialami para freelancer. Apalagi jika mereka mendapat pekerjaan yang sama dengan waktu yang panjang. Tips bekerja freelance berikutnya adalah tahu bagaimana cara menghindari kejenuhan. Freelancer professional harus bisa memotivasi diri sendirri dalam menghadapi kejenuhan. Atasi kejenuhan tersebut dengan aktivitas menyenangkan kemudian balik lagi menyelesaikan pekerjaan. Pastikan anda tidak mengecewakan klien yang sudah mempercayakan pekerjaan tersebut pada anda.

  1. Introspeksi Diri

Menjadi freelance artinya adalah anda akan berhadapan dengan banyak klien yang memiliki ide, tingkah laku dan juga pandangan yang berbeda-beda. Disinilah nanti professionalisme anda akan diuji. Tentu sebagai freelancer professional kita harus bisa mengintrospeksi diri apakah pelayanan dan juga hasil kerja cukup baik atau kurang. Cara ini akan membuka jalan untuk mendapatkan hasil kerja yang meningkat atau lebih bagus.

  1. Lakukan Riset

Melakukan riset juga salah satu tips bekerja freelance agar sukses. Hal ini untuk memberi kita sebuah bayangan tentang proporsi tarif dan juga tenggat waktu yang masuk akal. Anda juga bisa lebih lama berbincang dengan sesama pekerja freelance yang anda kenal sebelumnya.

Dengan adanya tips bekerja freelance ini, anda bisa membagi waktu dengan baik. Sebab bekerja freelance seringkali mengharuskan seseorang untuk pintar dalam disiplin waktu. Karena freelancer tidak hanya fokus pada satu aktivitas saja melainkan adanya kesibukan lainnya seperti sekolah, menjadi ibu rumah tangga atau kuliah. Siap untuk menjadi freelancer sukses? Selamat mencoba!

Ingin bekerja di Yogyakarta? Yuk lihat info lowongan kerja Jogja terbaru di LokerJogja.ID

X