Tips agar Bisa Mudah Diterima Kerja
Kamu ingin segera mendapat pekerjaan yang layak? Tentu, tak hanya nilai akademik yang bagus saja, melainkan ada tips supaya kamu bisa dengan mudah diterima kerja di perusahaan tertentu.
Tips agar Mudah Diterima Kerja – Memiliki pekerjaan tetap yang mapan dan dibayar dengan gaji tinggi, sudah barang tentu jadi impian banyak orang.
Sayangnya, untuk mendapatkan hal tersebut, sudah barang tentu menjadi suatu hal yang sulit. Bahkan, mungkin juga mustahil jika melihat kondisi banyaknya pengangguran sekarang.
Namun, bila kamu seorang fresh graduate yang masih susah payah tidak dapat-dapat pekerjaan maka salah satu solusinya bukan dengan secara terus menerus random atau acak mengajukan lamaran ke berbagai perusahaan.
Akan lebih baik jika kamu lebih memilih menggunakan tips jitu berupa langkah sederhana yang bisa kamu coba agar bisa diterima di pekerjaan yang hendak kamu lamar.
Dimana, trik ini lebih kepada bagaimana kamu menempatkan dirimu pada tempatnya agar keahlian apa yang kamu kehendaki sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.
Mau tahu? Yuk, kita simak bersama tips agar mudah diterima kerja dengan langkah sederhana yang dengan mudah bisa kamu coba sendiri.
Tips Jitu Agar Mudah Diterima Kerja
Dalam beberapa kasus, tak bisa dipungkiri bahwa setiap pelamar kerja tentunya menginginkan agar bisa diterima di sebuah perusahaan yang mereka lamar. Hanya saja, terkadang tak serta merta langsung bisa diterima. Nah, mungkin tips ini bisa menjadi jawaban bagi kamu semua.
1 . Utamakan Keahlianmu, Bukan Akademismu
Di dunia pekerjaan, tentu berbeda dengan dunia akademis. Bila dunia akademis lebih kepada teori, berbeda hal yang di dunia kerja yang lebih cenderung mengedepankan keahlian.
Hal ini wajar saja mengingat perusahaan lebih cenderung memilih orang yang ahli dalam bidang pekerjaanya, bukan orang yang punya nilai mata kuliah tinggi.
Maka dari itu, dalam CV ataupun saat wawancara, tonjolkan keahlianmu dengan mengkomunikasikannya dengan si pewawancara.
2. Latih Komunikasimu dengan Mengandalkan Bahasa yang Sesuai
Biasanya, kebanyakan para pelamar yang melamar pekerjaan akan jatuh saat memasuki tahapan wawancara, baik dengan pihak HRD maupun manajer.
Itu memang wajar mengingat tidak ada yang menarik dari apa yang Anda sampaikan saat tes wawancara. Sehingga, tak sedikit pihak HRD kurang tertarik untuk mengenal lebih dalam.
Nah, jika Anda seorang fresh graduate yang tengah mencari kerja, ada baiknya untuk berlatih berkomunikasi yang komunikatif dan handal sehingga apapun yang kamu sampaikan lebih terdengar menarik meski topik yang disampaikan bersifat standar.
Ini tentu saja menjadi tips yang terbilang efektif untuk setidaknya membuat pewawancara merasa tertarik kepada bagaimana kamu berkomunikasi.
3. Buat CV Sesederhana Namun Lebih Menarik dan Informatif
Perlu kamu ketahui pula bahwa perusahaan sebenarnya lebih memilih cenderung pada kualifikasi kualitas pelamar ketimbang melihat CV.
Namun, satu yang mesti kamu ketahui juga bahwa dengan informasi melalui CV yang kamu ajukan saat lamaran, tentu bisa mempengaruhi si pewawancara sebelum mengajukan pertanyaan.
Jika informasi yang diberikan melalui CV mudah dipahami dan terlihat informatif, tentu saja akan jauh lebih memikat rasa penasaran pewawancara.
Nah, itulah tadi beberapa langkah yang menjadi tips agar bisa diterima kerja dengan peluang yang besar. Sehingga, kemungkinan diterima bisa lebih berpotensi.
Hanya saja, dari beberapa langkah di atas, tentunya satu aspek yang paling penting adalah menjaga kualitas komunikasi saat sedang dalam tahap seleksi wawancara. Karena, hal ini yang paling banyak berpengaruh pada penentuan si pihak pewawancara untuk diterima kerja atau tidak.
Untuk informasi terkini mengenai loker Jogja terbaru, bisa kunjungi web LokerJogja.ID.