Catat! Ini Skill Penting dalam Dunia Kerja

Tak hanya nilai akademis saja, skill personal pun juga menjadi pertimbangan penting di dalam dunia kerja. Apa saja itu?

Skill Personal Di Dunia Kerja

Skill Penting di Dunia Kerja – Di dalam dunia kerja, seorang karyawan tentu dituntut untuk mampu beradaptasi dan cerdas dalam mencari solusi atas setiap masalah.

Seluruh aspek tersebut tentunya menjadi sebuah nilai tersendiri selain dari kemampuan akademis yang didapat dari bangku sekolah maupun perkuliahan.

Dimana, skill atau kemampuan personal dalam dunia kerja tampaknya memang sangat berpengaruh pada efektivitas seseorang dalam melakukan setiap pekerjaannya.

Maka dari itu, kamu sebagai seorang fresh graduate harus benar-benar bisa memahami dan mengasah skill personal agar nantinya lebih berpeluang diterima kerja.

Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan personal dari tiap calon karyawannya. Dimana, kemampuan seperti ini tentu didapatkan dari pengalaman dalam kehidupan realita, bukan dari lingkup akademis.

Lalu, apa saja sih skill penting yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja? Penasaran ya?

Berikut ini LokerJogja.id akan berbagi informasi soal apa saja skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang tentunya perlu untuk kamu asah.

Skill Personal yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan

Sebagaimana penjelasan di atas, selain nilai akademis, tentu skill atau kemampuan personal menjadi pertimbangan mendalam bagi pihak perusahaan saat sedang mencari kandidat karyawan terbaru untuk bekerja. Di bawah ini beberapa skill personal yang wajib kamu kuasai dan pelajari.

1 . Attitude

Attitud atau tata krama dalam dunia kerja memang tak berkaitan dengan nilai akademis. Namun, aspek ini sangat penting mengingat akan banyak berpengaruh saat karyawan masuk dalam ruang lingkup pekerjaan.

Untuk itu, kamu harus belajar tentang attitude dalam wawasan dunia kerja untuk mendukung kamu dalam melakukan setiap pekerjaan.

Attitude atau sopan santun yang tepat akan memudahkan kamu dalam bergaul dan membuat lingkungan kerja menjadi lebih positif.

2. Public Speaking

Tak hanya attitude, kemampuan atau skill public speaking pun menjadi bagian yang tak bisa kamu hiraukan begitu saja. Khususnya jika kamu melamar pada perusahaan yang berbasis publik.

Karena, kemampuan public speaking akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi dalam ruang lingkup publik. Tentunya dengan gaya bahasa yang disesuaikan dengan audience.

Dengan begitu maka setiap informasi pun bisa tersampaikan dan mudah dipahami oleh para audience. Apalagi, jika kamu dituntut untuk mempresentasikan ide atau konsep saat sedang rapat internal perusahaan. Maka, kamu harus mampu mengkomunikasikannya secara profesional.

3. Problem Solver

Selain itu, kemampuan mencari solusi atau problem solver pun juga sangat disukai oleh perusahaan. Mengingat, kemampuan atau skill seperti ini tak banyak orang bisa menguasainya.

Jika kamu memiliki kemampuan kuat dalam soal analisa masalah maka tentunya akan menjadi nilai plus bagi kamu saat melamar kerja. Sebab, banyak perusahaan yang akan mempertimbangkan skill problem solver seperti ini.

Bahkan, terkadang ada beberapa perusahaan yang benar-benar mengutamakan kemampuan problem solver di atas skill lain, termasuk nilai akademis.

Bukan tanpa alasan mengingat skill personal problem solver di sini tentunya hanya dimiliki oleh calon karyawan yang cerdas dalam membuat sekaligus merancang setiap sumber masalah untuk dicari solusi pemecahannya melalui analisa yang tepat.

Nah, buat kamu yang punya kemampuan dasar analisa kuat maka sangat disarankan untuk mengasahnya lebih dalam karena akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Oke teman-teman, untuk kamu yang ingin mendapatkan info update loker Jogja terbaru, kamu bisa mampir ke LokerJogja.id yang akan memberikan informasi lengkap mengenai daftar lowongan terupdate.

X
X
X