Cara Menulis Lamaran Kerja dengan Benar

Jangan salah merangkai kata saat anda menulis lamaran kerja! Karena dapat berakibat buruk pada nasib lamaran anda

Cara Menulis Lamaran Kerja

Saat usia sudah beranjak dewasa banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain berpikir untuk bisa lulus pendidikan dengan nilai yang baik dan setelah itu masalah pekerjaan yang akan dilakukan juga harus dipikirkan. Banyak sekali yang harus dipersiapkan ketika akan bekerja, seperti mencari lowongan pekerjaan, membuat lamaran kerja, mempersiapkan diri untuk wawancara, dan masih banyak yang lainnya. Untuk membuat lamaran kerja pun tidak bisa sembarangan. Agar lebih mudah diterima, ketahui cara menulis lamaran kerja dengan benar.

Cara menulis lamaran kerja tidaklah sulit namun harus memperhatikan beberapa hal agar lamaran kerja tersebut bisa menarik perhatian. Namun sebelum itu, pastikan terlebih dulu perusahaan yang akan dituju agar pembuatan lamaran kerja bisa sesuai dengan perusahaan tersebut.

Cara Menulis Lamaran Kerja

Berikut tips menulis lamaran kerja agar mudah diterima perusahaan:

  1. Ketika menemukan lowongan pekerjaan, teliti terlebih dulu dan pastikan lowongan kerja tersebut sesuai dengan kemampuan Anda. Jika sudah, Anda bisa menulis lamaran kerja dengan kata baku yang sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
  2. Jangan bertele-tele dan tulis surat lamaran kerja dengan kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, dan sopan.
  3. Pastikan jika Anda menulis tujuan lamaran kerja dengan jelas, baik itu nama dan alamat tujuan.
  4. Setelah semuanya sudah selesai ditulis, periksa sekali lagi lamaran kerja tersebut dan perhatikan setiap penulisan apakah ejaan nama, gelar, jabatan, dan alamat perusahaan sudah tertulis dengan benar. Cek juga tata bahasa yang digunakan dan pastikan tidak ada kata yang sering diulang.
  5. Membuat lamaran kerja bisa ditulis atau diketik pada kertas yang bersih tanpa ada kotoran sedikitpun. Jika menggunakan tulisan tangan, pastikan tulisan tersebut bisa terbaca oleh siapa saja.

Jika sudah mengetahui beberapa tips menulis lamaran kerja, ketahui cara menulis lamaran kerja dengan benar. Cara membuatnya sangat mudah yaitu mempersiapkan kertas yang bersih terlebih dulu. Setelah itu Anda bisa menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat. Setelah itu tulis tujuan lamaran kerja, seperti ‘Yth. Nama orang’ yang lengkap dengan jabatan. Atau bisa juga ditulis nama perusahaan yang dituju dan alamatnya.

Langkah yang selanjutnya adalah memberikan salam hormat dan menuliskan kata pengantar di bawahnya. Pada kata pengantar tersebut sampaikan sumber Anda mendapatkan informasi tentang lowongan tersebut. Selain itu, sampaikan juga posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika perusahaan tersebut membuka banyak lowongan. Jika kata pengantar atau pembukaan sudah selesai, Anda bisa menuliskan biodata pribadi.

Pada biodata pribadi tersebut Anda harus menulis nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau ponsel yang bisa dihubungi, dan e-mail, serta bisa juga menuliskan pendidikan tapi tidak wajib. Namun jika ingin menuliskannya, Anda bisa menulis latar belakang pendidikan tertinggi. Selain itu tuliskan juga pengalaman kerja jika sebelumnya sudah pernah bekerja serta kemampuan yang dimiliki.

Jika sudah, Anda bisa menuliskan penutup yang berisi tentang keinginan Anda yang sangat kuat agar diterima oleh perusahaan tersebut dan ucapkan terima kasih. Setelah itu lampirkan beberapa hal lainnya agar perusahaan yakin untuk menerima Anda. Beberapa lampiran yang dicantumkan adalah pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi sertifikat kompetensi. Setelah itu, langkah yang terakhir adalah kembali menuliskan salam hormat yang disertai dengan tanda tangan dan nama lengkap.

Itulah sedikit ulasan tentang cara menulis lamaran kerja dengan benar. Ingin tahu info lowongan kerja Jogja terbaru? Ayo buka LokerJogja.ID

X