Tips Irit Bagi Kamu yang Akan Gajian

Sering merasa gaji habis sebelum waktunya, kamu bisa melakukan beberapa tips irit namun kebutuhan tetap tercukupi

01 Savings 10 Creative Ways To Save Money You Haven T Thought Of 70550551 Focal Point 1024x683

Tips Irit  – Awal bulan merupakan yang selalu ditungu untuk para pekerja. Dimana akan menerima gaji selama kamu bekerja sebulan. Gaji yang diterimapun beragam, ada yang dalam sebulan bisa mendapatkan lebih dari UMR atau ada juga yang menerima gaji sebatas UMR.

Keinginan untuk membeli atau bepergian kesuatu tempat menjadi lebih besar dibandingkan dengan tanggal biasanya. Awal bulan ini menjadi tanggal yang istimewa. Tidak hanya para pekerja saja yang merasakan nikmatnya awal bulan, tapi untuk beberapa bidang usaha memfaatkan momentum gajian dengan memberikan penawaran yang ditujukan untuk menarik perhatian berniat membelanjakan uangnya. Jadi yang senang tidak hanya para pekerja tapi para pemilik usaha pun juga putar otak untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Tips Irit Bagi Kamu yang Akan Gajian

Bagi kamu para pekerja jangan mudah tergoda dengan penawaran diskon atau potongan harga. Kamu perlu menyisihkan gajimu. Kalau kamu tidak menyisihkan sebagaian dari gaji kamu, bisa-bisa belum sampai akhir bulan sudah habis. Berikut simak Tips irit buat kamu

  1. Bikin list perencanaan pengeluaran selama 1 bulan

Membuat rencana pengeluaran kamu selama satu bulan itu memberikan manfaat untuk bisa kontrol pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Buat catatan kecil yang berisi pengeluran untuk kebutuhan pokok, pengeluaran untuk menabung dan untuk bermain. Catatan tersebut taruh di dompet yang mudah untuk dilihar agar kamu bisa mudah melihat.

  1. Selesaikan semua tanggungan pokok di awal

Bagi kamu yang sudah memiliki pengeluaran rutin setiap bulannya seperti cicilan kamu bisa selesaikan tanggungan tersebut diawal bulan setelah kamu menerima gaji. Buat beberapa pos-pos keuangan yang dibedakan berdasarkan kwajiban yang paling mendesak.

  1. Memilih pusat perbelanjaan yang lebih ekonomis

Bagi kamu yang memiliki penghasilan masih UMR bahkan dibawah UMR sesuaikan tempat belanjamu. Pilihlah tempat belanja sesuai dengan kemampuan financialmu. Jangan sampai kamu ingin terlihat mewah kamu tidak mempertimbangkan kondisi keuangan kamu.

  1. Belanja kebutuhan primer lebih dulu

Setelah kamu menentukan tempat perbelanjaan yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Langkah selanjutnya adalah kamu membelanjakan kebutuhan primer kamu terlebih dahulu seperti kebutuhan sehari-hari. Tips saat kamu belanja pastikan kamu langsung mendatangi rak yang yang berisi kebutuhan primer kamu jangan lebihkan ke rak yang bisa memicu mengambil barang yang kurang perlu. Hal yang paling penting adalah membuat list belanja kebutuhan primer kamu.

  1. Waspada dengan diskon/ promo

Diskon/promo memang kedengarannya lebih hemat, tapi siapa sangka kalua kita tidak jeli dengan barang diskon  pengeluaran kita membengkak. Bisa jadi kita malah membeli barang yang kurang diperlukan. Walaupun diskon kita juga harus tetap memilih barang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Minimalisir penggunaan kartu kredit

Penggunakan kartu kredit memang lebih praktis. Jika kamu mudah tergiur penawaran akan sesuatu yang membuat boros sebaiknya tidak perlu menggunakan kartu kredit. Dengan membawa uang cash yang secukupnya kamu bisa mengkontrol pengeluran kamu. Membayar dengan uang cash juga memberikan dapat juga bagi psikologis kita. Salah satu dengan membayar dengan cash kita bisa merasakan berpindahtangannya uang tersebut.

Beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk btetap irit namun kebutuhan tetap akan tercukup.

Ikuti informasi lowongan kerja terbaru di LokerJogja.ID

X