Tips Bekerja di Luar Jurusan Kuliah

Banyak karyawan perusahaan yang bekerja di bidang tak sesuai dengan jurusan kuliah. Jika demikian, Anda tak salah jurusan, tapi ada tantangan lain yang isap Anda pelajari.

Tips Bekerja Di Luar Jurusan Kuliah

Bekerja atau berkarir di luar jurusan kuliah tampaknya banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mau tak mau, terkadang tak ada pilihan mengingat ada beberapa faktor atau alasan lain yang “memaksa” kita bekerja dengan bidang di luar jalur pendidikan saat masih kuliah. Maka, tak heran jika orang jurusan psikologi bisa bekerja di bidang sales. Atau, seorang sarjana sosial bekerja di bidang IT. Tentu saja, hal itu bukan merupakan suatu kesalahan. Namun, justru bekerja di luar jurusan akan semakin memudahkan seseorang untuk terus berkarya secara universal.

Bukan tanpa alasan memang ada beberapa tips bekerja di luar jurusan yang patut dipahami. Hal ini semakin mempertegas bahwa bangku perkuliahan adalah tempat untuk mencari ilmu, bukan syarat untuk mencari pekerjaan. So, jangan menyalahkan diri sendiri atau beranggapan salah jurusan. Karena, salah jurusan bukan berarti tak punya masa depan cerah.

Di sisi lain, bekerja di luar bidang yang digeluti saat kuliah adalah langkah konkrit yang harus terus dilakukan demi terwujudnya sebuah kemampuan universal dalam jiwa. Nah, berkenaan dengan itu, ada beberapa strategi atau tips bekerja di luar jurusan kuliah yang bisa dicoba. Apa saja itu? Simak saja ulasannya di bawah ini!

Tips Bekerja di Luar Jurusan Kuliah

Masuk pekerjaan di luar bidang kuliah yang digeluti, tak berarti Anda gagal. Ada beberapa strategi jitu untuk menjalani pekerjaan yang di luar jalur bangku perkuliahan.

  1. Berpikir Luas

Satu hal pertama dalam menerapkan tips bekerja di luar jurusan kuliah yaitu harus punya mindset jelas. Yaitu pola pikir yang lebih luas yang mengartikan jika kuliah itu bukan hanya sebuah syarat untuk bekerja. Namun, lebih kepada cara bersosialisasi, berorganisasi, dan mencari ilmu. Jadi, kuliah itu untuk mencari ilmu, bukan untuk bekerja. Nah, pola pikir seperti ini harus ditanamkan sejak awal pertama akan masuk menjadi mahasiswa.

  1. Kuliah Tak Menjamin Sukses

Memiliki gelar sarjana memang menjadi salah satu impian banyak orang. Karena, dengan title jurusan maka secara tak langsung Anda adalah seorang yang ahli dalam bidang itu. Namun, siap sangka, banyak orang dengan titel S1 atau bahkan S2 yang kesulitan mencari kerja. Justru beberapa lulusan SMK sudah bisa berkerja. Nah dari situ, jaminan sukses itu bukan tentang kuliah saja tapi lebih kepada bagaimana kita mengambil setiap peluang untuk memicu kesuksesan di masa depan.

  1. Bekerjalah Bersama Hati

Selain itu, bekerja bersama hati adalah prinsip kerja yang cukup efektif. Terutama ketika kita bekerja di luar bidang kuliah atau jurusan yang diambil sebelumnya. Maka dari itu, cobalah untuk bekerja santai, berpikir positif bahwa jalan rezeki dimulai dari “salah jurusan”, dan teruslah mengoptimalkan kemampuan dalam bekerja profesional. Ingat, selalu prioritaskan bekerja secara maksimal agar mampu merasakan bagaimana sulitnya mencari uang itu sehingga menghindar pemborosan.

  1. Berpikir untuk Buka Usaha Bisnis

Jika memang pekerjaan tersebut bukan hal yang menarik dan membuat Anda merasa “terpaksa” maka keluar dari pekerjaan adalah salah satu solusi. Namun, sebelum keluar kerja, usahakan untuk memiliki wacana membuka bisnis yang dirasa sesuai dengan hobi atau setidaknya sesuai dengan jurusan. Hal ini lebih efektif untuk membantu Anda alam mengembangkan kualitas diri dalam menghadapi tantangan realitas yang cukup “kejam”.

  1. Dunia Kerja Itu Butuh Relasi

Meski salah kerja, tidak sesuai dengan jurusan kuliah namun sangat disarankan untuk membangun relasi dengan rekan kerja. Manfaatkan relasi di dunia kerja untuk membantu Anda dalam mengembangkan skil pribadi. Di sisi lain, membangun relasi akan sangat memicu suatu ide bisnis yang bisa dijadikan peluang usaha saat sudah benar-benar bosan bekerja dengan orang lain, termasuk bekerja dengan bidang kerja yang tak sesuai jurusan kuliah. Maka dari itu, diperlukan sebuah langkah tepat untuk membentuk relasi positif dari setiap rekan kerja.

Nah, dari beberapa tips mengenai bekerja di luar jurusan kuliah di atas, tentu kawan-kawan sudah bisa menggambarkan bahwa kerja di tempat yang tak sesuai dengan jurusan kuliah bukan hal yang menjadi masalah. Namun, satu hal yang pasti asalkan tidak tak semua pekerjaan itu membutuhkan titel namun justru lebih butuh orang yang berpengalaman. Sehingga, tak heran jika kini orang yang berpengalaman lah yang akan berpeluang besar bekerja. Meski demikian, tips bekerja di luar jurusan kuliah di atas adalah salah satu yang penting dan patut dipahami untuk menghindari keluhan yang umumnya muncul. Sekian dan sampai jumpa kawan!

Informasi mengenai lowongan kerja di Jogja, bisa dilihat di LokerJogja.id.

Bagikan