Persiapan yang Harus dilakukan Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Untuk dapat bersaing dalam dunia kerja, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui .

Persiapan Di Dunia Kerja

Persiapan yang Harus dilakukan Sebelum Terjun ke Dunia Kerja Sebagai mahasiswa, apalagi yang sudah berada di semester akhir, penting bagi kamu untuk menyiapkan diri agar siap terjun ke dunia kerja. Persiapan yang dimaksud tentu saja tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu semalam. Diperlukan ketekunan dan konsistensi agar persiapanmu bisa berjalan dengan maksimal. Bila persiapan-persiapan telah dilaksanakan, maka bukan tidak mungkin, selepas kamu menanggalkan status mahasiswa, kamu bisa langsung siap memulai karir atau pekerjaan. Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang menganggap remeh persiapan yang harus dilakukan. Agar kamu tidak terjebak lama dalam status pengangguran pasca wisuda, berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

Persiapan yang Harus dilakukan Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

  1. Gunakan waktu kuliah semaksimal mungkin

Ketika menyandang status sebagai mahasiswa baru, tentunya kamu masih memiliki semangat yang membara, bukan? Bertemu dengan lingkungan baru, mempelajari mata kuliah yang cukup berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya, belum lagi ketika organisasi di kampus sangat menarik untuk diikuti. Semua hal itu tentunya sangat penting untuk kamu coba semuanya. Akan tetapi, pastikan untuk tidak meninggalkan bagian akademis untuk mengejar hal non akademis.

Bermain bersama teman baru tentu menyenangkan, tapi jangan lupa untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas maksimal. Tanpa sadar, waktu akan bergerak dengan cepat. Bila kamu menghabiskan waktu kuliah hanya untuk bermain, lantas bekal apa yang kamu punya untuk bergelut dengan dunia setelah kuliah?

  1. Cari kerja

Salah satu hal penunjang yang bisa kamu andalkan ketika mencari pekerjaan adalah pengalaman yang kamu miliki. Sedari kuliah, pastikan kamu sudah mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Akan lebih baik bila pekerjaan yang sesuai dengan keinginan juga sesuai dengan bidang studi yang kamu pelajari. Dengan menyesuaikan keduanya, kamu bisa menyerap berbagai macam ilmu agar semakin mantap ketika meniti karir nantinya.

Bentuk pekerjaan bisa beraneka ragam. Mulai dari ikut kepanitiaan yang ada di kampus, menjadi asisten dosen atau asisten laboratorium kampus, bekerja lepas atau part time, dan jenis pekerjaan lainnya. Selain menambah ilmu dan pengalaman, kamu juga bisa mendapat uang dari melakukan pekerjaan-pekerjaan itu, lho. Hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan sampai menelantarkan proses akademik di kuliah, ya. Bukankah salah satu tujuanmu kuliah sebagai bentuk tanggung jawab kepada orang tua? Belajarlah untuk menyeimbangkan kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan.

  1. Mempertajam kemampuan

Selain pengalaman, skill atau kemampuan adalah hal lain yang perlu kamu siapkan sebelum berada di dunia kerja. Kemampuan tersebut juga bisa kamu dapat dari pengalaman kerja. Akan tetapi, rasanya hal itu juga tidak cukup. Kamu perlu belajar secara mandiri agar kemampuanmu semakin terasah. Misalkan kamu ingin mengembangkan kemampuan di bidang bahasa. Kamu bisa belajar dengan ikut les atau kursus. Apalagi di zaman serba canggih seperti ini, kebutuhanmu tersebut bisa dengan sangat mudah terpenuhi. Ada banyak sekali les online yang bisa kamu temukan secara gratis.

Beberapa hal di atas akan sangat membantumu bila kamu menyiapkannya dengan benar. Selain beberapa poin yang telah disebutkan, kamu juga harus menyiapkan beberapa aspek yang sangat penting ketika mencari kerja. Mulai dari bagaimana mengenakan pakaian yang sesuai, bagaimana tata cara melamar pekerjaan, bagaimana cara membuat CV yang benar dan beberapa aspek lainnya.

Bila kamu merasa bingung dengan persiapan yang kamu lakukan, kamu bisa meminta bantuan dengan dosen yang ada di kampus. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk meminta pertolongan kakak tingkat yang sudah terlebih dahulu menggeluti dunia kerja agar informasi semakin bertambah.

Simak terus info loker terbaru di LokerJogja.ID

 

X